Seri Mitologi Santuy : Antara Cinta dan Maut (Part 1)


Adonis adalah pria paling ganteng yang pernah tercipta di alam semesta. Kegantengannya melebihi Oppa Lee Min Ho digabung dengan Brad Pitt sekaligus. Saking gantengnya, Adonis yang kerjaannya manah-manah celeng dan burung liar di hutan Cibodas ini menarik perhatian banyak kaum hawa dari kalangan manusia sampe dedemit dan peri. Suatu saat, Aphrodite, sang dewi cinta, yang main ke Cibodas bersama Eros, sang pemanah asmara, melihat Adonis yang sedang berburu. “ Omaigattt…Oppa!!! Ros, liat tuh ros, kasep tenan tuh akang.” Teriak Aphrodite bagai ABG di konser BTS. Eros yang cemburuan melihat ibunya memuji ketampanan Adonis, cemberut tidak senang. Aphrodite yang sadar anaknya kesel melihat kelakuannya yang bagai DBG(Dewi Baru Gede) langsung memeluk Eros. “ Jangan marah dong nak, buatku kamu paling ganteng sedunia.” Tak sengaja panah asmara Eros melukai sang dewi cinta yang seketika jatuh cinta pada oppa Adonis.

Adonis dan Aphrodite


Aphrodite kemudian menghampiri Adonis dan merayunya dengan label Miss Universe yang disandangnya. Adonis yang belum pernah melihat perempuan secantik Aphrodite kemudian jatuh kedalam pangkuan sang dewi Asmara. Mereka berdua memadu asmara di musim semi berjalan di hutan cemara dan menikmati keindahan Lake Como di Italia. Sementara itu Persephone, sang Ratu Alam Maut alias permaisuri Hades, sedang berlibur ke bumi. Persephone yang memperoleh restu Hades untuk berlibur setengah tahun di bumi melihat Aphrodite dan Adonis sedang menikmati espresso dan canoli. Persephone juga mengagumi kegantengan oppa Adonis dan kemudian jatuh cinta akibat anak panah Eros yang diem2 memanah Persephone. Persephone sadar bahwa Adonis adalah manusia fana yang kelak akan tinggal di alam maut. Persephone dengan sabar menunggu dalam kegelapan akan hangatnya cinta Adonis.

Tewasnya Adonis


Kisah cinta Aphrodite dan Adonis terus berlangsung dan membuat ‘cem2an’ Aphrodite yang lain cemburu. Ares, sang dewa perang, marah luar biasa dengan kehadiran Adonis yang menelikung hubungannya dengan sang dewi cinta. Mengetahui Adonis suka berburu, Ares menyamar menjadi celeng ganas yang berlari kian kemari bagai kesurupan atlet lari. Naluri pemburu Adonis menggodanya untuk memanah si celeng, namun sang celeng perang alias Ares lebih cepat dari panah Adonis dan langsung menerkam si oppa ganteng yang sekarang terkapar lemas. Darah mengucur deras dari luka di perutnya dan Aphrodite yang segera tiba dengan kereta angsanya mendapati Adonis telah berpulang ke alam maut.

Adonis dan Persephone


Adonis sampai di alam maut dengan sambutan layaknya seorang raja. Para arwah penasaran membuat pesta penyambutan lengkap dengan penyanyi-penyanyi terkenal termasuk Beatles minus Paul McCartney. Adonis yang terheran-heran dengan penyambutan ini kemudian diarahkan menuju istana sang Penguasa alam baka, Hades,saudara kandung Zeus. Hades saat itu sedang tidur dan Persephone mengambil kesempatan suaminya yang bobo siang itu memberikan Adonis segala perhatian dan cintanya. Adonis yang takut pada Hades namun kepincut dengan kecantikan Persephone, “ Tapi bagaimana dengan Hades? “ Persephone yang belakangan suka dengerin lagu-lagu pop Indonesia tahun 2000an langsung menjawab,” Setiap kubercinta dengan pacar rahasiaku.Aku ingin kau tak tau bahwa ku sudah ada yang punya…setiap kubercinta dengan pacar rahasiaku…Aku suka, kamu suka,Sudah jangan bilang siapa-siapa.” Adonis yang menang banyak ini pun kemudian melayani Persephone dengan status jongos merangkap TTM sang ratu alam baka. (bersambung).

Kuil Aphrodite di Thera, Santorini


Thera, sebuah kota kuno di atas gunung Messavouno, Santorini, menyimpan reruntuhan Kuil Aphrodite sang dewi cinta. Kuil yang terletak di atas bukit ini dulunya merupakan salah satu tempat pemujaan sang dewi yang ramai dikunjungi oleh penduduk Thera kuno. Biasanya jomblowan dan jomblowati akut akan mengunjungi Aphrodite untuk berkonsultasi tentang jodoh. Kuil ini sudah rusak parah akibat letusan gunung di Santorini yang kemudian mengubah pulau ini menjadi huruf C. Kaldera ditengahanya itu dulu adalah bagian dari gunung merapi. Untuk mengunjungi kuil ini, anda harus terlebih dulu mencapai kaki gunung Messavouno yang letaknya tak jauh dari Pantai Kamari. Dari kaki bukit anda bisa naik ke atas dengan jalan kaki menyusuri jalan kecil yang akan membawa anda ke puncak gunung. Jangan meniru saya yang nyaris menemui Hades gara-gara naik ke Thera dengan motor sewaan. Angin di bukit ini sangat kencang, dan motor saya berkali-kali oleng dan nyaris terdorong ke jurang. Kapok euy..lain kali jalan kaki aja, lebih aman. Di reruntuhan kota Thera, anda bisa menikmati pemandangan laut Aegea yang indah dan pantai Kamari di bawah yang sangat asyik untuk berenang.

Soundtrack : Jangan Bilang Siapa-Siapa by Ratu

Buat yg suka sama Mitologi Yunani boleh ditengok podcast channel Mitologi Santuy di Spotify ato search aja Mitologi Santuy di kolom search Spotify. Gue bakal bawain tentang cerita- cerita seputar Mitologi Yunani. Tentu dengan referensi pop culture n Gaya cerita ala gue. Kalo u suka, silahkan difollow,mayan buat nemenin sepedaan ato dengerin pas nyetir ke kantor. Thanks loh gaes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s