Traveling on Two Wheels : Serba Serbi Naik Motor di Luar Negeri

Sebagai penduduk Jakarta sejati, saya sudah terbiasa naik motor dari jaman kuliahan sampai kerja di belakang meja seperti sekarang. Naik motor mungkin merupakan sarana transportasi paling efektif bagi kerjaan saya yang sering pindah-pindah dari satu rumah ke rumah lain yang tidak dilalui oleh jalur transportasi umum. Tinggal naik, nyelap nyelip dan sampe deh di tempat kerja. Akhinya, kebiasaan sehari-hari naik motor pun kebawa ketika jalan-jalan ke luar negeri. Setiap ada tempat wisata yang ada penyewaan motornya saya pasti lebih memilih nyewa motor dibanding naik bis. Nah, buat temen-temen yang suka naik motor juga saya akan membagikan info-info dan pengalaman naik motor di beberapa negara yang pernah saya kunjungi.

Thailand

Thailand merupakan salah satu negara yang ramah untuk pengendara sepeda motor. Penduduk Thailand terbiasa naik motor dan penyewaan motor terdapat di tempat-tempat wisata seperti Phuket, Krabi, Pattaya, Chiang Mai dan banyak kota lainnya. Mungkin cuma kota Bangkok yang jarang tempat penyewaannya karena kota ini terkenal macetnya dan sarana transportasi umumnya sudah baik.Jalan-jalan di Thailand rata-rata bagus dan teraspal dengan mulus. Papan petunjuk jalan pun ditulis dengan aksara Thailand dan latin sehingga gampang untuk mencari jalan.

Harga Sewa Motor : Bervariasi mulai dari 200baht sampai 1000baht tergantung jenis motor dan lama sewa.

Dokumen dan persyaratan : SIM C sudah cukup dan untuk jaminan biasanya paspor kita akan ditahan dan kita akan diberikan fotokopi paspor sebagai pengganti paspor asli.

Best Ride Experience : Chiang Mai ke Pai , Krabi to Ao Nang

Future Plan : Mae Hong Son Loop ( jalur berbentuk lingkaran dari Chiang Mai menuju Mae Hong Son, Pai dan kembali ke Chiang Mai).

Vietnam

Vietnam merupakan salah satu destinasi pecinta wisata touring naik motor di Asia Tenggara. Negara yang bentuknya langsing terbentang dari selatan (Ho Chi Minh City) sampai ke utara (Hanoi) merupakan negara idaman pencinta touring. Saya pernah bertemu dengan seorang backpacker asal Jerman yang membeli motor di Hanoi dan menyusuri Vietnam dari utara ke selatan trus ngejual motornya di Ho Chi Minh. Mau tau dia jual berapa motornya? Lima juta dong saja alias 2.5 juta rupiah!  Namun jika anda ingin naik motor di kota besar seperti HCM atau Hanoi, maka siap2lah menggunakan skill naik motor anda di Jakarta. Jalan besar didominasi oleh motor-motor yang ramai dan mepet namun teratur.Mobil dan bis pun kadang mesti ngalah sama rombongan motor, tapi kalo anda sudah terbiasa di Jakarta, ah ini gada apa-apanya he3.

Harga Sewa Motor :  Bervariasi dari satu tempat penyewaan ke tempat penyewaan lain. Biasanya motor bebek manual harganya dimulai dari 100rb Dong sehari (tahun 2013).

Dokumen dan Persyaratan: SIM C dan paspor. saja cukup.Sama seperti Thailand, biasanya paspor akan ditahan selama penyewaan dan jika motor dibawa sampai keluar kota maka akan dikenakan uang jaminan. Namun saya pernah juga menyewa motor di penyewaan pinggir jalan di Hoi An tanpa uang menitipkan paspor dan jaminan. Mungkin tampang saya bisa dipercaya kali ya haha..

Best Ride Experience : Around Hoi An

Future Plan : Ho Chi Minh to Hanoi

Turki

Salah satu destinasi favorit saya untuk traveling adalah Turki. Turki kaya dengan reruntuhan kota kuno, pantai indah, pegunungan yang indah dan harga yang relatif murah. Terinspirasi oleh teman saya yang pernah naik motor dari London sampai Antalya (Turki), saya pun iseng mencoba naik motor di Turki dan benar saja, naik motor di Turki asyik banget. Pada tahun 2014 saya menyewa sebuah motor bebek di Selcuk dan meluncur menuju Kuil Apollo di kota Didim. Di sepanjang perjalanan saya melewati pertanian gandum, kebun peach yang harum, dan reruntuhan kota kuno Magnesia dan mampir di kota kuno Miletus. Jalanan mulus dan petunjuk jalan yang jelas membuat saya tidak pernah membuka peta sama sekali. Pokoknya recommended banget.

Harga sewa motor : untuk sebuah scooter 125cc harganya sekitar 40 Lira sehari.Harga akan lebih murah jika menyewa lebih dari sehari.Jangan lupa buat nawar harga.

Dokumen dan Persyaratan : SIM C, paspor dan kartu kredit. Paspor dan kartu kredit akan di scan dan dicatat di formulir. Kartu kredit discan hanya pada halaman depan sehingga nomor ccv tidak dicatat. Saya sempat menanyakan kenapa kartu kredit juga discan, ternyata kartu kredit diperlukan selain sebagai jaminan juga sebagai alat pembayaran jika kita melanggar lalu lintas. Kata si pemilik rental, jika kita melewati batas kecepatan maka kamera cctv akan merekam nomor kendaraan dan beban pelanggaran akan dibebankan pada penyewa. Untungnya saya tidak mendapati transaksi aneh2 di tagihan kartu kredit saya sepulang dari Turki.

Best Ride Experience : Around Selcuk, Selcuk-Miletus-Didyma, Kas-Kaputas-Patara

Future Plan : Selcuk- Aphrodisias, Fethiye- Antalya

Yunani

Teman-teman pasti pernah mendengar pulau yang bernama Santorini? Pulau yang terkenal romantis dan indah dengan pemandangan matahari terbenam dan rumah-rumah putih di tepi kaldera ini merupakan destinasi kelas dunia. Ribuan hingga jutaan turis pergi mengunjungi pulau andalan pariwisata Yunani ini. Pulau ini paling enak dijelajahi dengan naik motor menyusuri jalan dengan pemandangan kaldera yang menawan. Rasakan hembusan angin dan pemandangan indah yang selalu menemani di sepanjang jalan. Jalan di pulau ini mulus dan ukuran pulau yang kecil membuat traveling dari satu destinasi ke destinasi lain menjadi menyenangkan. Anda bisa berenang di Pantai Kamari di siang hari, menikmati wine di Santo Winery dan menikmati pemandangan matahari terbenam di Oia dengan naik motor.

Harga Sewa Motor : scooter 150cc pada tahun 2015 seharga 15 euro sehari termasuk asuransi kecelakaan.

Dokumen dan Persyaratan : SIM C dan Paspor. Pemilik rental akan memeriksa SIM C kita melalui google untuk memastikan SIM C memang untuk kendaraan roda dua. Paspor hanya dicatat dan tidak diperlukan uang jaminan.

Best Ride Experience : Around Santorini

Future Plan : Rhodes city to Lindos

Ah semoga bisa segera naik motor lagi di negara lain..jangan ragu untuk naik motor terutama untuk penduduk Jakarta. Mengutip kata seorang traveler di forum Tripadvisor : ” If you can ride in Jakarta, you can ride anywhere in the world.”.. dalem yak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s