Cover,cesky Krumlov, Ceko

Menikmati Pesona Cesky Krumlov dari Bukit Salib

Setelah puas berjalan-jalan di taman istana, kami pun berjalan kembali ke arah Hostel Merlin. Dalam perjalanan, kami melewati sungai yang kala itu sudah ramai dengan para turis yang ingin menguji nyali mereka di sungai Vlatava. Kano-kano dan perahu karet bersandar di pinggiran sungai dan siap untuk mengarungi sungai yang dingin. Sebenarnya asyik juga naik kano keliling kota melalui sungai. Saya bahkan mencoba menyakinkan si Nyonya untuk ikutan naik kano beduaan mengarungi sungai sampai Biara Zlata Koruna. Namun apa daya, beliau tidak tertarik. Serem kalo kecebur katanya haha.

Kami kemudian memutuskan untuk beristirahat sejenak di hostel dan kemudian melanjutkan hiking ke Krizovy Vrch (Hill of the Cross) yang terletak sekitar setengah jam dari pusat kota. Hill of the Cross adalah nama bukit yang menghadap Cesky Krumlov dan dari bukit ini kita bisa menikmati pemandangan indah kota yang indah. Bukit ini dulunya dan masih merupakan jalur jalan salib para penganut Katolik. Dari dua belas perhentian salib, sekarang hanya tersisa beberapa saja. Di puncak bukit ini terdapat gereja, tempat kita bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan senja yang indah.

Setelah berleyeh-leyeh menunggu senja datang, kami pun kemudian memulai hiking kami menuju Hill of the Cross. Mengabaikan petunjuk dari buku Rick Steves, kami berjalan menuruti petunjuk Google Map yang mengantarkan kami dari Hostel Merlin melalui jalan menanjak di perumahan. Kami yang mengira jalur ini sama dengan jalur yang ditunjukkan oleh Rick Steves, kemudian berjalan di jalan yang sepi ini. Langkah kaki kami kemudian membawa kami ke sebuah danau kecil yang tenang. Sebuah danau di daerah perumahan, hmmm unik juga ya. Setelah berjalan melewati danau kami pun sampai di jalan setapak menuju gereja yang sudah terlihat di atas sana. Jalan setapak ini cukup terjal dengan kondisi jalan yang tidak terawat. Bebatuan dan pasir membuat berjalan di jalan ini cukup sulit namun kami berhasil melaluinya dan sampai di suatu padang rerumputan yang indah. Apa ini tempat yang disebutkan? Kami pun tidak yakin. Walaupun pemandangan cukup indah dan kami sudah berjalan menanjak cukup tinggi, kami masih belom yakin sudah berada di tempat yang benar.

Kami pun kemudian berjalan menuju gereja sambil menikmati pemandangan padang rumput yang indah. Sampailah kami di tempat terpencil dan tidak ada seorang pun disini. Si Nyonya mulai parno karena matahari sudah mulai mendekati kaki langit. Mau mundur nanggung, mau maju serem. Akhirnya kami pun berjalan maju, dan tidak sampai lima menit kami melihat sebuah bangunan kecil yang ternyata adalah salah satu perhentian salib yang masih berdiri. Gereja di puncak bukit sudah terlihat dekat namun ada pagar tinggi yang menghadang. Setelah mengamati pemandangan sekitar, kami baru menyadari kalau kami mengambil rute memutar dan lebih jauh dari semestinya. Namun pemandangan dari sini sungguh indah dan sangat ideal untuk berfoto. Kami menyempatkan waktu untuk duduk menikmati pemandangan matahari terbenam di balik bukit. Kota Cesky Krumlov dengan gerejanya yang menjulang terlihat bermandikan sinar mentari senja. Sungguh indah.

Setelah matahari mulai tak terlihat, kami pun berjalan menuruni bukit dan berpapasan dengan beberapa perhentian salib. Jalan yang kami tempuh kali ini membawa kami langsung menuju jalan raya dan tanpa susah-susah kami sampai di pusat kota. Wah, tahu gitu kami lewat sini. Seandainya kami tidak malas dan mau membaca petunjuk dari Rick Steves Guide, kami tidak akan berjalan begitu jauh. Ketika berjalan pulang, kami mampir ke satu toko kebab yang lumayan ramai dikunjungi turis. Kami pun kemudian menikmati makan malam kami yang terakhir di Ceko. Besok kami akan berangkat menuju Halstatt, Austria untuk mengunjungi kota yang terkenal akan keindahan danaunya itu. Sungguh berat rasanya meninggalkan Cesky Krumlov. Jalan-jalan berbatu dan bangunannya yang indah disinari oleh lampu kala itu seolah mengundang kami untuk menghabiskan waktu lebih lama lagi. Ah suatu hari nanti kami pasti kembali. Kembali ke kota kecil ini dan menikmati kesunyiannya di malam hari dan bercengkrama dengan kegaduhannya di siang hari.

Kebab dan Bir Kozel

Tips Hiking Menuju Hill of the Cross

1. Berjalanlah menuju ujung jalan Rooseveltova dan seberangi jalan raya. Jalan lurus sampai anda bertemu dengan perhentian salib pertama lalu belok kanan. Dari sini anda tinggal jalan naik melewati beberapa perhentian salib dan padang rumput di sebelah kanan anda. Gereja ada di puncak bukit dan anda bisa menikmati pemandangan indah dari sini.

2. Jangan takut nyasar, perhatikan saja tanda dibawah ini sebagai penunjuk jalan.