Ngeteng dari Phuket ke Krabi modal Rp 70 Ribuan

Jalan-jalan di Thailand Selatan memang asyik Dari pantai-pantai yang indah, kuliner yang bikin ngiler, sampai kuil-kuil indah yang terhampar dari Phuket sampai Hat Yai. Berpergian lewat jalur darat pun menyenangkan karena sepanjang perjalanan kita bisa menikmati suasana pedesaan khas Thailand dengan sawah menghijau dan bukit-bukit karst yang menjulang tinggi. Kebanyakan turis yang menempuh jalur darat biasanya menggunakan jasa van atau bis VIP untuk berpergian di Thailand selatan. Tentu saja van atau bus VIP harganya lebih mahal dibandingkan dengan bis umum. Kali ini saya akan membagikan trik pergi dari Patong menuju Krabi.

Step 1 Naik Songtheaw Biru atau Blue Bus dari Patong Menuju Phuket Town

Bila anda tinggal di Patong, berjalanlah ke jalan Beach Road (dekat pantai Patong) dan tunggu Songtheaw biru lewat. Cukup lambaikan tangan dan Songtheaw akan berhenti sampai anda naik. Songtheaw Biru ini menghubungkan Patong dan Phuket Town. Jangan berharap bis ini memiliki AC. Bis ini wujudnya mirip bemo raksasa namun anda bisa menikmati udara segar alami berikut asap kendaraan atau rokok penumpang sebelah anda (kalau lagi kurang beruntung). Kenek bis akan meminta bayaran dan memberikan anda tiket. Jangan lupa bilang kepada kenek kalau anda ingin naik pink bus menuju Bus Terminal 2. Ongkos dari Patong menuju Phuket Town : 30 baht.

Step 2 Naik Songtheaw Pink atau Pink Bus dari Phuket Town Menuju Phuket Bus Terminal 2

Songtheaw Biru akan membawa anda sampai titik akhir rute bis di Phuket Town. Kenek akan meminta anda untuk turun dan berganti dengan Songtheaw Pink. Songtheaw Pink akan membawa anda menuju Bus Terminal 1 dan kemudian Bus Terminal 2. Pastikan anda turun di Bus Terminal 2. Ongkos dari Phuket Town menuju Bus Terminal 2 : 15 baht.

Step 3 Naik Bus dari Bus Terminal 2 menuju Krabi

Sesampainya di Bus Terminal 2, cari loket yang menjual tiket menuju Krabi. Bis Terminal 2 ini cukup modern, anda bisa membeli tiket menuju kota-kota lain di Thailand Selatan atau kota besar lain seperti Bangkok dan Chiang Mai. Setelah mendapatkan tiket, pastikan anda menunggu di platform bis yang tepat. Tanyakan lagi ke penjual tiket kalau perlu. Jika waktu keberangkatan bis masih lama, anda bisa menitipkan tas di terminal dan mampir ke Supercheap, supermarket besar yang ada dekat Bus Terminal 2 untuk menghabiskan waktu. Bis biasanya berangkat on time dan jangan sampai ketinggalan ya. Ongkos bis Phuket Town-Krabi : 120 baht.

Mudah kan? Total biaya yang saya habiskan hanya 165 baht alias 70 ribuan rupiah! Ini jauh lebih murah dibandingkan dengan naik van dari Patong ke Krabi dari agen tour yang harganya 500 baht per orang. Lumayan bisa hemat 335 baht buat jajan di Night Market Krabi hehehe.

 

Advertisements

4 thoughts on “Ngeteng dari Phuket ke Krabi modal Rp 70 Ribuan

  1. mas, mau tanya untuk songtheaw apakah tersedia sampai malam? dan bagaimana juga ketersdeiaan bu terminal 2 phuket ke bus terminal di krabi? apabila tersedia sampai malam, batasnya jam berapa ya?
    terima kasih.
    Salam

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s