Nongkrong Rp 1.6 Jutaan di Athens 2 Hari 3 Malam

Athens adalah ibukota Yunani yang telah terkenal sejak ribuan tahun lamanya. Warisan kekayaan budaya dan sejarah merupakan suatu daya tarik tersendiri untuk para turis yang mengunjungi kota ini. Siapa yang belum pernah melihat kuil Parthenon yang berdiri anggun di atas Akropolis? Icon Athens ini dapat dilihat nyaris dari segala penjuru kota Athens.Selain Kuil Parthenon masih banyak pesona kota Athens yang dapat kita nikmati seperti daerah Plaka yang kaya dengan tempat shopping dan nongkrong, Lycabetus Hill tempat kita dapat menikmati pemandangan kota Athena dari puncak tertinggi, Agora dan reruntuhan kuil-kuil dewata Yunani adalah sedikit dari daya tarik magis kota ini. Mungkinkah jalan-jalan di tempat ini dengan biaya murah?Tentu saja. Saya hanya menghabiskan biaya 1.6 jutaan selama 2 hari 3 malam.Berikut tips saya berhemat di Athens:

1. Menginap di daerah Monastiraki
Monastiraki adalah daerah yang paling ideal untuk ditinggali ketika mengunjungi Athens. Monastiraki terletak sangat ideal dengan akses metro dan kedekatanya dengan tempat-tempat wisata seperti Plaka dan Akropolis. Kita dapat berjalan kaki menuju tempat-tempat wisata tersebut dengan mudah. Hanya setengah jam saja, kita sudah bisa sampai di pintu masuk Akropolis. Plaka?hanya 10 menitan jalan. Untuk menghemat biaya penginapan, kita bisa tinggal di hostel sekitaran Monastiraki. Hostel yang saya tinggali selama 3 hari di Athens adalah Athenstyle yang menyediakan tempat tidur yang nyaman serta pemandangan Acropolis dari rooftop barnya.

Akropolis dilihat dari rooftop Athenstyle Hostel,Monastiraki
Akropolis dilihat dari rooftop Athenstyle Hostel,Monastiraki

 

2. Makan take away bukan di restoran
Restoran di Athens memiliki dua macam harga untuk makanan yang sama. Harga untuk take away berbeda dengan harga makan di tempat, contohnya ketika saya makan kalamaki (sejenis sate daging yang biasa disajikan dengan roti pita) di restoran O’Thanasis dekat stasiun Metro Monastiraki. Satu porsi kalamaki hanya 2.10 euro jika kita memesan take away, harganya akan berbeda sekitar 1 euro jika kita makan di tempat. Oh iya, jangan lupa memesan makanan dengan jelas ketika di restoran. Makanan seperti gyros disajikan dengan dua cara yaitu dengan dibungkus roti pita dan platter (piring dengan beberapa potongan daging, tzatziki, dan sayur-sayuran). Platter harganya lebih mahal daripada dengan roti pita. Satu porsi platter bisa mencapai 10 euro.

Restoran O'Thanansis dekat Starbucks Monastiraki
Restoran O’Thanansis dekat Starbucks Monastiraki

 

3. Ikut walking tour gratis
Athens sebagai kota bersejarah dan budaya juga menawarkan free walking tour untuk turis yang berkunjung ke sini. Saya berkesempatan mengikuti free walking tour yang diadakan oleh hostel Athenstyle setiap hari dua kali (sesi pagi dimulai jam 9 pagi, sesi sore dimulai jam 4). Pada pukul 9 pagi, seorang tour guide yang fasih berbahasa inggris akan membawa kita berjalan mengelilingi daerah sekitar Monastiraki,Plaka dan sampai ke Akropolis. Rute yang dipilih juga sangat menarik karena melewati tempat-tempat yang umumnya tidak dikunjungi oleh turis mainstream. Informasi yang diberikan oleh sang tour guide juga berguna untuk memberikan gambaran jalan,tempat wisata sampai tempat makan dan belanja oleh-oleh yang murah. Di akhir tour kita dapat memberikan tips suka rela untuk jasa tour guide yang telah menemani kita berjalan-jalan di Athens. Jika anda kebetulan menginap di hotel dan hotel anda tidak mengatur free walking tour,anda bisa menghubungi website http://www.athensfreewalkingtour.com/afwt/index.php/en/ untuk mendaftar free walking tour.

Bersama para turis peserta free walking tour dan pemandu wisata kami, MIlo
Bersama para turis peserta free walking tour dan pemandu wisata kami, Milo

4. Bawa botol minum dan minum dari air keran
Air keran di Athens aman dikonsumsi tidak seperti di Santorini. Air adalah salah satu kebutuhan utama ketika jalan-jalan di Athens, terutama di musim panas. Suhu udara yang tinggi serta matahari yang terik membuat badan cepat haus dan lelah. Saya sendiri selalu membawa botol air berukuran besar sebagai ransum minuman saya dan selalu mengisinya ketika memiliki kesempatan.
5. Berwisata di museum dan gereja kuno
Salah satu saat paling menyenangkan di Athens adalah berkunjung ke museum.Museum di Athens dikelola oleh pemerintah dan memiliki fasilitas yang sangat baik seperti Museum Akropolis yang menyimpan banyak peninggalan purbakala dari sekitar Athens dan Yunani. Jika anda peminat sejarah dan arsitektur anda bisa menghabiskan waktu 2-3 jam disini.Museum dengan konsep modern ini hanya memungut tiket masuk sebesar 5 euro saja. Selain museum Akropolis, terdapat juga museum-museum lain seperti National Archeological Museum, Byzantine and Christian Museum,Museum of Greek Music Instruments, dan lain-lain. Selain museum, kita juga dapat mengunjungi gereja kuno peninggalan Kekaisaran Byzantium di Athens yang memiliki arsitektur unik dan koleksi mosaic yang indah. Gereja Pantanassa di Monastiraki adalah salah satu gereja tertua di Athens. Gereja ini terletak tak jauh dari stasiun metro Monastiraki. Gereja Pantanassa hanyalah satu contoh dari banyak gereja peninggalan zaman Byzantium di Athens. Kita dapat memasuki gereja-gereja ini dengan gratis tanpa bayar sepeserpun.

Museum Akropolis
Museum Akropolis

6. Cuci baju sendiri
Seperti tulisan saya tentang Santorini sebelumnya, biaya laundry di Yunani cukup besar sekitar 5 euro untuk sekali load dan 2 euro lagi untuk dryer. Saya terbiasa mencuci pakaian saya sendiri dengan menggunakan dry bag dan deterjen bubuk yang saya beli di toko dekat hostel. Sinar matahari di Athens sangat terik, lebih terik dari kota mana pun yang saya kunjungi pada perjalanan lalu. Pakaian dapat kering dalam waktu singkat.

Jemur baju di balkon kamar hostel
Jemur baju di balkon kamar hostel dengan Akropolis sebagai latarnya

7. Masak makanan sendiri
Jika anda ingin lebih menghemat, pilihlah hostel dengan fasilitas dapur. Beberapa hostel di Athens mempunyai fasilitas dapur sehingga kita dapat mempersiapkan sendiri makanan kita. Bahan-bahan makanan dapat dibeli di toko-toko sekitar hostel atau jika anda ingin lebih hemat lagi anda bisa pergi ke supermarket yang ada di Athens Metro Mall. Harga barang kebutuhan sehari-hari lebih murah di supermarket besar daripada di toko-toko kecil. Athens Metro Mall dapat dicapai dengan naik Metro Red Line berhenti di stasiun Aghios Dimitrios.

Berikut biaya dan pengeluaran saya selama 2 hari 3 malam di Athens :
Night 1: Arriving in Athens
Kalamaki : 2.1 euro
1 kaleng Kaiser Beer : 1.2
Athenstyle Hostel (dorm bed) : 48 euro (3 malam termasuk sarapan)

Day 1 : Athens
Cappucinno + chocolate croissant : 3 euro
Tips untuk tour guide : 5 euro
Souvlaki : 2.1 euro
Akropolis Museum : 5 euro
Greek Yoghurt : 3.5 euro
1 kaleng coca cola : 1 euro
Pizza by slice : 2.5 euro
Ouzo sebotol : 3.5 euro

Day 2 : Athens
Cappucino : 1.3 euro
Roti : 1.5 euro
Giant Souvlaki : 3.5 euro
Tiket masuk Acropolis : 12 euro
Es krim : 3.4 euro
Dinner (yoghurt kebab and red wine) : 10.5 euro

Day 3 : Leaving Athens
Sarapan roti dan kopi : 3.3 euro

Total Pengeluaran selama 2 hari 3 malam : 112.4 euro x Rp.15000 = Rp 1.686.000

Oleh2 :
4 buah baju bersablon nama kita dalam berbahasa Yunani : 35 euro
Tas kulit buat mama : 12 euro
Buku sejarah Yunani dan emblem bendera Yunani : 14.5 euro
Baklava 2 box : 9 euro
Gantungan kunci 8 buah : 8 euro
Kalender kecil : 3 euro
Ouzo mini 4 botol : 4 euro
Total pengeluaran oleh-oleh : 85.5 euro

Note:
1. Saya tidak memasukkan biaya transportasi di Athens karena pada saat saya disana (7-10 Juli 2015), pemerintah Yunani menggratiskan penggunaan transportasi umum.Hal ini terjadi karena adanya krisis ekonomi dan bank-bank Yunani diliburkan sehingga penduduk Athens mengalami kesulitan dalam mendapatkan uang tunai. Pemerintah berinisiatif menggratiskan semua biaya transportasi dalam kota untuk meringankan beban penduduk.

IMG_20150709_120042
Pengumuman Transportasi Gratis

2. Bila anda ingin membeli oleh-oleh, belilah di Monastiraki Flea Market yang menawarkan harga yang lebih murah dibanding dengan di Plaka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s