Seri Mitologi Santuy : Antara Cinta dan Maut (part 2-END)

Cerita sebelumnya bisa dinikmati di sini


Ditinggal Adonis, Aphrodite pun nelangsa. Dewi Kecantikan ini duduk merenung di tepi kali sempet kepikiran nyemplung agar mati biar ketemu sama Adonis namun nyadar kalo dia dewi yang abadi. Cintanya yang membara akan Adonis membuat dirinya terus berpikir bagaimana caranya untuk bertemu dengan kekasihnya yang sudah di alam baka. Otaknya yang biasanya mesum itu kemudian mendapat titik terang. HERMES!!! Lah kok mikirin tas? No…Hermes disini bukan tas-tas kecil namun bikin suami kzl bayarnya, tapi seorang dewa gesit yang tugasnya macam ojekonline dan whatsapp jadi satu.

Lukisan Hermes dan Aphrodite karya Walter Crane


Hermes adalah anak dari Zeus dan Maia, anak dari raksasa mangkubumi bernama Atlas. Konon di suatu masa nan jauh disana, Zeus mengunjungi Maia ditengah malam ketika PLN belom ada dan menghamili Maia yang sedang tertidur. Esok paginya, Zeus seperti biasa kabur tanpa pesan dan Maia yang hamil kilat langsung melahirkan seorang anak yang gesit dan suka lari-lari. Anak ini tumbuh cepat tanpa Enfagrow dan menjadi wujud remaja hanya dalam waktu sehari saja. Zeus menghadiahi anaknya yang baru ini topi dan sandal bersayap serta sebuah tongkat emas yang berguna untuk misinya sebagai tukang ojek online dan penyampai pesan para dewa. Hermes adalah sedikit dari para dewa yang bisa bolak-balik alam maut tanpa menderita konsekuensi apapun.

Hermes, sang dewa kurir yang gesit


Aphrodite langsung menghubungi Hermes yang kala itu baru saja selesai ngambil sepatu terbangnya yang dipinjem Perseus kala membantai Medusa. Aphrodite yang lagi ada maunya langsung membujuk Hermes untuk membawanya ke alam maut. “ Mes, bantuin aku dong. Anterin ke Hades, kangen Adonis nih.” bujuk sang dewi yang kemudian membawa-bawa kisah masa lalu. Aphrodite dan Hermes pernah ikutan di pesta clubbing Dionysius, si dewa anggur. Karena anggur racikan si Dion terlalu kuat, Aphrodite dan Hermes jadi…ya gitu deh, lalu mereka mojok dan beberapa bulan kemudian lahirlah seorang anak ganteng yang bernama HERMAPHRODITE (keren kan namanya gabungan emak n bapaknya). “Ayolah Mes, demi kisah kita yang lalu dan anak kita yang ganteng nan cakep itu” rayuan Aphrodite semakin kuat. “Ah entah kemana tuh anak sekarang. Bentar jadi cowok bentar jadi cewek. Yuk dah gue anterin.” Sahut Hermes sambil menggendong Aphrodite yang senyum-senyum gemes.

Hades, Penguasa alam maut yang angker


“Kasih bintang lima ya say,” kata Hermes sambil ngacir nyari orderan lain di Thebet eh Thebes. Kehadiran Aphrodite di alam maut membuat Hades bête. Maklum Hades tipe yang emo dan ansos, selain dengan Persephone dan arwah-arwah penasaran, dewa ini jarang gaul. Aphrodite yang tiba-tiba datang membuatnya mesem. “Ngapaen luh kesini? Uda mau mati??” tanya Hades dengan kasar. “Balikin pacar gue si Adonis dong om. Gue cinta mati ma dia.” pinta Aphrodite yang mencoba-coba manja. Hades dengan dingin menjawab, “ kagak pake. Adonis itu kacungnya bini gue. Kalo gue balikin, gue bakalan disuruh tidur di sofa ma die. Kagak bisa!” tolak sang dewa maut. “ayo dah plisss dahh, ntar gue cariin bini baru deh om..” bujuk sang dewi cinta namun tak digubris Hades. Persephone yang berdiri di belakang layar tertawa cekikikan macam ABG bis ngeliat V BTS senyum pepsodent. “Okeh fine kalo gitu. Karena you ga mau balikin pacar gue, gue mau cabut seluruh cinta di dunia! Lu pikir lu doang yang bisa maen kasar, liatin aje lu!” bentak Aphrodite yang kemudian dijemput sang ojekonline dunia akherat.


Ancaman Aphrodite bukan main-main. Dia beneran nyabut semua cinta di dunia. Semua pasangan langsung ribut satu sama lain. Zeus dicuekin Hera yang ngomel melulu. Zeus kehilangan selera buat selingkuh dan ngerasa pengen mati juga. Apollo mendadak membuang mahkota daun salam, pengingat cintanya pada Daphne. Seluruh umat manusia merasa emo dan mendadak lagu cengeng tahun 80-an macam lagu Betharia Sonata mendadak populer lagi.

Adonis dan Aphrodite

Zeus yang tidak tahan dengan suasana ini kemudian memanggil Hades, Persephone,Adonis dan Aphrodite ke gunung Olympus. Zeus berusaha mencari jalan tengah biar semua senang dan cinta bisa balik lagi ke dunia. Akhirnya Zeus menyarankan Adonis menghabiskan 4 bulan dibumi bersama Aphrodite, 4 bulan di alam maut bersama Persephone dan 4 bulan sisanya buat Oppa Adonis berburu celeng. Aphrodite yang menganggap ini adil kemudian mengiyakan usul Zeus. Persephone yang biasanya rada posesif pun mengiyakan. Hades pun heran dengan Persephone yang terlalu gampang mengiyakan saran Zeus. Ternyataaaa Persephone jauh lebih pintar dari Hades dan Aphrodite. Persephone memiliki cuti setengah tahun dari alam maut (itu loh yang di musim semi dan panas) dan menghabiskan cutinya di bumi. So Persephone bisa nyamperin Oppa Adonis selama dua bulan di bumi. So siapa yang menang banyak? Persephone? Salah..tetep Oppa Adonis yang maha ganteng itu. Pacarnya dua, bisa keluar masuk alam maut tanpa celaka, punya free time nembakin celeng pula.

Kuil Aphrodite di Rhodes


Kali ini tempat yang berhubungan dengan Aphrodite yang pernah saya kunjungi adalah Kuil Aphrodite di Rhodes. Buat banyak orang tempat di Yunani yang paling indah mungkin Santorini, tapi bagi saya adalah Rhodes. Rhodes adalah pulau indah dekat dengan daratan Turki yang terkenal dengan perpaduan budayanya. Rhodes bisa dikunjungi dengan pesawat dari Athens atau naik ferry dari beberapa pulau di Yunani. Anda juga bisa menyebrang dari Fethiye, Turki ke Rhodes untuk day trip. Sebuah Kuil Aphrodite terletak di dekat gerbang Elefthrias, kota tua Rhodes. Kuil ini dibangun oleh bangsa Yunani yang mendirikan koloni di pulau ini. Kuil ini sekarang tinggal reruntuhan saja namun cukup menarik untuk dilihat dalam perjalanan mengunjungi Rhodes old town. Btw Rhodes menyimpan banyak cerita heroik perang berbagai bangsa dari Yunani vs Yunani, Romawi, sampai Ottoman vs Ksatria St John. Lain kali I share cerita tentang Rhodes dan sejarahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s