Seri Mitologi Santuy : Kisah Asmara 4 Musim Sang Penguasa Maut (Prequel: Antara Cinta dan Maut)



Demeter adalah dewi pertanian yang juga adalah mantan pacar Zeus sebelum nikah dengan Hera. Zeus yang pergi begitu saja di malam yang sunyi, meninggalkan Demeter di tengah sawah demi menikahi Hera yang elegan dan upper class itu. Buah cinta Demeter dan Zeus adalah Persephone yang cantik jelita dan ceria. Demeter dan Persephone bekerja bersama di sawah dan ladang memberikan berkah kepada umat manusia dalam wujud hasil bumi. Kedua dewi ini begitu dicintai sampai mereka dinobatkan menjadi duta roti sejagad (beneran, ga becanda ini keduanya diendorse di roti-roti zaman Yunani).

Persephone dan Demeter

Suatu ketika Persephone pergi ke ladang sendirian dan bernyanyi “The Hills are alive with the sound of music..”, sesosok dari kegelapan mengamati gadis cantik ini. Hades sang penguasa alam baka bosan main band underground di neraka dan memutuskan untuk ngintip kehidupan di bumi. Begitu melihat Persephone yang sebenernya masih ponakannya sendiri, Hades langsung ngebet, narik kereta dengan kuda-kudanya yang hitam legam dan menculik Persephone. Tombak dwisulanya menghantam tanah dan portal alam maut pun terbuka membiarkan sang penguasa neraka beserta tawanannya masuk ke dalam kegelapan .

Penculikan Persephone oleh Hades


Sementara itu Demeter yang baru saja panen caisim, memanggil Persephone untuk membantunya membawa hasil panen. Namun yang dipanggil tidak menjawab dan Demeter berjalan keluar mencari sang putri. “Ndukkkk…dimana dirimu ndukkk..” tangis sang ibu yang ditinggal Persephone tanpa kabar. Demeter mengembara ke seluruh bumi demi mencari Persephone namun tidak berhasil. Demeter terlihat semakin menua karena kesedihannya. Tanaman-tanaman di bumi mati, kekeringan melanda, dan bahaya kelaparan pun mulai melanda. Kesedihan Demeter membuat Zeus yang iba akan mantan pacarnya ini kemudian meminta Helios, sang Lambe Turah, untuk memberitahukan keberadaan Persephone. Zeus menemani sang mantan ke alam maut sekalian modus kali-kali aja dapet mengenang kisah lama.


Di alam baka, Hades yang dingin menjadi lebih hangat dengan kehadiran Persephone. Mukanya yang galak mirip Jason Momoa menjadi lebih ceria seperti Santa Claus di bulan Desember. Persephone yang tadinya ketakutan dengan alam maut.mulai terbiasa dengan perhatian sang paman/penculik/kekasih yang royal ini. Maklum selain penguasa alam baka, Hades juga merupakan pemilik kekayaan di dalam bumi. Segala emas, intan permata sampai saham PT Antam pun milik Hades. Situasi penculikan yang akhirnya menjadi Stockholm Syndrome ini pun menjadi semakin ribet dengan kehadiran Zeus dan Demeter di alam baka.


Zeus dan Hades tidak pernah akur. Hades masih kesel dengan ulah Zeus yang curang ketika ngundi siapa yang bakal jadi penguasa langit, laut dan alam maut. Jadi masih selek gitu dah sama si ade yang kali ini dateng sama Demeter. Ketika Zeus meminta Hades mengembalikan Persephone, Hades menolak mentah-mentah. Namun setelah Demeter dan Persephone memohon, Hades yang sebenernya muka rocker hati selow itu pun luluh.

Kembalinya Persephone ke Demeter. Sosok pria di lukisan adalah Hermes.

Hades mengizinkan Persephone untuk berada bersama ibunya setengah tahun dan harus bersama dengannya di alam baka selama setengah tahun. Ketika Persephone bersama ibunya, alam raya bersuka cita dan bumi pun kemudian memberikan buahnya. Demeter yang ceria menumbuhkan semua tanaman dan masa panen pun tiba. Ketika Persephone kembali ke pangkuan Hades, daun-daun berguguran, tanaman berhenti berbuah, suasana suram meliputi bumi. Demikianlah cara bangsa Yunani dan Romawi menjelaskan fenomena musim di bumi. Musim semi dan panas adalah saat Persephone bersama ibunya. Musim gugur dan dingin adalah saat Persephone bersama suaminya, Hades.


Demeter selalu dihubungkan dengan roti dan makanan. Dewi yang dianggap sebagai pelindung tukang roti dan restoran ini sering disembah demi kelancaran usaha mereka. Bangsa Romawi kelas bawah biasanya tidak memiliki dapur di rumah mereka. Untuk makan sehari-hari mereka biasanya mengunjungi restoran fast-food yang dikenal dengan nama Thermopolia. Di restoran ini, pengunjung biasanya membeli makanan siap saji dan membawanya pulang walau terkadang mereka juga makan di tempat. Restoran dan toko roti di foto terdapat di Pompeii. Pompeii menyimpan banyak bangunan bersejarah yang bisa membantu kita belajar kehidupan bangsa Romawi zaman dahulu. Tak banyak berbeda dengan kita,mereka juga manusia yang makan,minum dan beraktivitas seperti kita. Pompeii bisa dikunjungi dengan mudah dari kota Naples. Cukup naik kereta Circumvesuviana dari stasiun kereta Napoli Garibaldi (bisa diakses dari stasiun Napoli Centrale) dan turun di stasiun Pompeii Scavi Villa Misteri.

One thought on “Seri Mitologi Santuy : Kisah Asmara 4 Musim Sang Penguasa Maut (Prequel: Antara Cinta dan Maut)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s