Seri Mitologi Santuy : Kuil Hephaestus dan Kisah Suami Yang Terzolimi

Kuil Hephaestus dan Kisah Suami yang terzolimi
Jika anda mengunjungi Athena, anda pasti mengunjungi kawasan Akropolis dan mampir ke Kuil Parthenon di puncaknya. Kuil yang termasuk dalam 7 Keajaiban Dunia Kuno ini memang luar biasa dan terus memukau pengunjung selama berabad-abad. Namun tahukah anda kalau ada kuil lain di kaki Akropolis yang kondisinya jauh lebih baik daripada Kuil Parthenon? Kuil tersebut adalah Kuil Hephaestus, sang dewa senjata dan api. Siapakah Hephaestus?

Hephaestus, dewa api dan senjata


Hephaestus adalah anak dari Dewi Hera yang pada lahirnya saja sudah bernasib malang. Hephaestus terlahir buruk rupa. Hera yang langsung ilfill melihat kondisi anaknya langsung membuangnya dari gunung Olympus dan Hephaestus yang malang kemudian mendarat di pulau Lemnos dan dibesarkan disana. Hephaestus tumbuh sebagai seorang pandai besi level dewa yang pandai membuat berbagai senjata dan peralatan berharga. Para dewa Olympus menyambutnya sebagai dewa pandai besi dan api. Hera yang merasa bersalah akan nasib Hephaestus kemudian menjodohkannya dengan dewi paling bohay dan cakep sejagad raya yaitu Aphrodite, sang Dewi Kecantikan. Sebenernya tujuan pernikahan ini juga untuk menghukum Aphrodite yang terlalu sombong. Pernikahan dua dewa yang rada ga matching ini pun tidak bahagia. Hephaestus yang kuat,serius dan sibuk bekerja ini bukanlah pasangan yang tepat untuk Aphrodite yang sensual, ceria dan suka petualangan. Hephaestus sangat mencintai Aphrodite dan selalu menghujani istrinya yang bohay itu dengan hadiah-hadiah mewah. Kalung emas permata, saham PT antam, apartemen Meikarta sampe Xing Fu Tang pun diantriin sama Hephaestus tanpa nge-Grabfood. Begitu cintanya Hephaetus pada Aphrodite, namun bagi Aphrodite, suaminya yang penyayang ini sangat membosankan dan sibuk kerja di perapian.

Hephaestus dan Aphrodite


Suatu saat Aphrodite bertemu dengan Ares, sang dewa perang, yang baru saja pulang dari pertempuran. Ares yang macho, keren dengan perut roti sobek begitu menggugah Aphrodite yang haus kasih sayang. Ares yang terpikat dengan kecantikan Aphrodite kemudian memulai pertemuan terlarang dengan Aphrodite. “Wahai Aphrodite binti Uranus, datanglah ke kediamanku di Sparta namun biarlah kegelapan tiba sebelum kita bertemu.” Saran Ares. Ares dan Aphrodite bertemu di malam hari untuk menghindari Mak Lambe Turah paling rese di seantero jagad, yaitu Helios/Apollo, sang dewa matahari. Perselingkuhan ini berlangsung cukup lama sampai pengawal Ares ketiduran dan lupa memperingatkan Ares dan Aphrodite kalau hari sudah pagi. Helios, sang mentari yang bisa melihat apa saja, kemudian langsung melaporkan peristiwa ini kepada Hephaetus. Hephaetus yang sedang menempa perisai dengan palunya terkejut dan menangis pilu. “ Entah apa yang merasukimu…..hingga kau tega mengkhianatiku..yang tulus mencintaimu,” kata Hephaestus sambil bergoyang tiktok.

Perselingkuhan Aphrodite dengan Ares


Haphaestus yang dendam akibat cintanya dikhianati lalu merancang rencana balas dendam. Suami yang terluka ini ingin menunjukkan keseluruh penghuni Olympus perbuatan kedua insan ternoda ini. Diam-diam Hephaestus bersembunyi dan mengamati perbuatan Ares dan Aphrodite. Ketika mereka sedang bersama, Haphaestus melemparkan jaring yang kuat dan menyeret mereka ke hadapan Zeus dan para dewa. Namun bukannya simpati, Haphaestus malah ditertawakan oleh para dewa lain. Apollo dan poseidon malah memuji Ares yang beruntung bisa berselingkuh dengan dewi kecantikan. Haphaestus yang sedih dan tak bisa berbuat banyak akhirnya kemudian kembali menerima Aphrodite sebagai istrinya. Tabah ya tus…maapin aja, mang kayak gitu orangnya.

Kuil Hephaestus di Athens, Yunani


Kuil Hephaestus yang terletak tak jauh dari Agora Athens merupakan bangunan kuil Yunani klasik yang masih awet sampai sekarang. Alasan di belakang ini adalah karena kuil ini sempat dipakai sebagai bangunan gereja Orthodox selama berabad-abad. Tiang bergaya Doria dan ukiran tentang cerita Kelahiran Dewi Athena dan Kembalinya Hephaestos ke Olympos masih awet berada di bangunan berumur ribuan tahun ini. Jika anda tertarik melihat bangunan kuil yang masih utuh, Kuil Hephaestos ini jangan pernah dilewatkan. Anda bisa mengabungkan kunjungan ini dengan kunjungan ke Akropolis dan Ancient Agora of Athens. Kuil ini terletak di kaki Akropolis dan lokasinya yang strategis dan nyaman membuat asik untuk dikunjungi di sore hari.

Buat yg suka sama Mitologi Yunani boleh ditengok podcast channel Mitologi Santuy di Spotify ato search aja Mitologi Santuy di kolom search Spotify. Gue bakal bawain tentang cerita- cerita seputar Mitologi Yunani. Tentu dengan referensi pop culture n Gaya cerita ala gue. Kalo u suka, silahkan difollow,mayan buat nemenin sepedaan ato dengerin pas nyetir ke kantor. Thanks loh gaes.

3 thoughts on “Seri Mitologi Santuy : Kuil Hephaestus dan Kisah Suami Yang Terzolimi

      1. Terima masih mas sudah berkunjung ke blog saya. Iya mas, banyak banget soalnya penemuan Hephaestus. Kalau menurut saya sih, kisah Hephaestus underrated. 😀

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s