Seri Mitologi Santuy : Hikayat Asmara Dewa Zeus dan Kuil Olympian Zeus


Kronos, sang dewa waktu, menikah dengan Rhea, dewi langit. Pernikahan yang awalnya bahagia ini kemudian mulai terusik dengan Kronos yang paranoid akan ramalan kalau kekuasaanya akan tumbang oleh anaknya sendiri. Setiap kali Rhea melahirkan anak, Kronos langsung datang dan tanpa timang-timang anakku sayang, langsung melahap si jabang bayi bulat-bulat. Rhea, tipe istri teraniaya yang somehow sangat subur, harus dengan tulus ikhlas memberikan anak yang baru dilahirkannya kepada Kronos karena takut Kronos ngamuk dan update status di Instagram, “ Bini Gue Ga Kasih Jatah, Sebel!!” Sampai suatu saat Rhea muak dan menyembunyikan bayi laki-laki nan imut dan suka nyetrum di pulau Kreta. Rhea, sang ibu yang sangat bertanggung jawab, menitipkannya pada seekor kambing (yep anda ga salah baca dan saya ga lagi becanda) bernama Amalthea untuk dirawat.

Chronos, Sang Dewa Waktu


Bayi ini kemudian tumbuh besar sebagai seorang dewa tampan dan perkasa bernama Zeus. Layaknya seorang debege (dewa baru gede), Zeus jatuh cinta pada seorang dewi cantik dan bijak bernama Metis (mamanya Athena). Mereka berdua pergi ngedate di Santorini, makan Souvlaki di Athens dan clubbing di Mykonos sampai suatu hari Rhea mengunjungi Zeus dan memberitahu jati dirinya. Zeus yang dikompori Rhea segera tergerak untuk menghadap bapaknya yang kejam dan doyan makan bayi itu. Zeus dibantu dengan ramuan racikan Metis berhasil membuat Kronos memuntahkan saudara-saudari Zeus yang ditelan Kronos. Zeus,Poseidon,Hades, Hera dan saudaranya yang lain sekarang bersiap melawan para Titans alias Kronos dan para boybandnya. Singkat kata pertarungan antara Zeus dan Kronos berlangsung seru dan dimenangkan oleh Zeus. Zeus menghukum bokapnya sendiri ke Tartarus, neraka paling jahanam dan mengurungnya disana.

Zeus dan Europa


Zeus pun sekarang menjadi penguasa alam semesta dan paranoid yang menghantui Kronos sebelumnya sekarang hinggap di alam pikiran Zeus. Zeus yang takut dikudeta anaknya sendiri lalu menelan Metis, cinta pertamanya yang kala itu sedang hamil. Zeus yang jomblo kemudian menikah dengan kakaknya sendiri yaitu Hera, sang dewa pernikahan, langit dan monogamy. Walaupun Hera cakep luar biasa, Zeus ternyata punya hobi khas lelaki hidung belang. Beliau suka jajan dan modusin cewek-cewek dari kalangan dewi sampe manusia. Zeus pernah berubah menjadi sapi jantan pandai berenang dan merayu seorang putri cantik bernama Europa. Sapi jantan yang lucu ini kemudian membawa Europa berenang dan di tengah laut, tiba-tiba berkata,” Halo maniesss, saya sebenernya Zeus loh. Kawin ma aku yukkk..” Entah Europa yang ketakutan atau tersanjung akhirnya jatuh ke pelukan sang sapi. Zeus kemudian menghantarkan Europa ke daratan yang kelak disebut Eropa.

Zeus dan Leda


Suatu ketika Zeus melihat binor cantik nan seksi bernama Leda. Zeus yang ngebet banget nidurin Leda kemudian mengubah dirinya menjadi angsa putih yang jinak. Leda yang dari kecil sering maen dengan soang di kampungnya langsung terpana melihat angsa putih yang begitu cakep. Leda pun bermain dengan angsa putih ini sampai angsa ini tiba-tiba berkata, ,” Halo maniesss, saya sebenernya Zeus loh. Kawin ma aku yukkk..” Entah Leda yang ketakutan atau tersanjung akhirnya jatuh ke pelukan sang angsa. Hubungan ga natural ini melahirkan seorang perempuan bernama Helen yang kecantikannya kelak mengakibatkan Perang Bharatayuda eh Troya.

Gambar Danae di tembikar. Perhatikan titik-titik air emas yang sebenarnya merupakan Zeus yang menyamar


Suatu ketika ketika Zeus mengubah dirinya menjadi elang dan berkeliling diatas Yunani, Zeus melihat seorang putri yang dikurung dalam sebuah menara. Danae, putri cantik nan malang ini dikurung ayahnya yang paranoid karena ada ramalan kalau anak dari Danae akan membunuh kakeknya sendiri. Danae kemudian dipingit dimenara. Zeus yang tergoda akan kecantikan san putri kemudian menyamar menjadi hujan emas yang turun dari atap menara. Danae yang kesepian kemudian menghampiri hujan emas tersebut dan merasakan kehangatan yang didambanya. ,Tak lama kemudian, terdengar suara” Halo maniesss, saya sebenernya Zeus loh. Kawin ma aku yukkk..” Entah Danae yang ketakutan atau tersanjung akhirnya jatuh ke pelukan sang hujan emas. Hubungan Danae dan air emas ini kemudian menghasilkan bocah tampan berambut pirang bernama Perseus yang kemudian membantai Medusa, sang misunderstood monster.

Kuil Olympian Zeus di Athens


Zeus sebagai dewa paling utama dalam mitologi Yunani memiliki banyak kuil di Yunani dan koloninya. Kuil Zeus yang paling besar adalah Kuil Olympian Zeus yang terletak tak jauh dari kawasan Plaka, Athena. Kuil yang sangat besar ini membutuhkan waktu berabad-abad untuk selesai. Proyek pembangunannya sempat mangkrak sampai Kaisar Hadrian yang punya kecintaan luar biasa dengan budaya Yunani (seperti saya hehe) membiayai pembangunannya sampai selesai. Kuil Olympian Zeus memiliki 104 tiang dengan gaya Korintian dan berfungsi sebagai pusat penyembahan Zeus di Athena. Sayang, baru berusia seratus tahun, kuil ini dijarah oleh suku Heruli dan selama berabad-abad terlantar. Banyak bangunannya yang dipakai untuk membangun bangunan lain dan saat bangsa Ottoman menguasai Athena, seorang gubernurnya iseng meledakkan salah satu tiangnya. Sekarang Kuil ini hanya bersisa 12 tiang saja dari 104 tiang yang dulu menyangga atapnya. Namun kuil ini tetap memukau pengunjung yang takjub akan niatnya orang zaman dahulu dalam membangun kuil. Anda harus membayar tiket untuk masuk kesini. Saya sarankan lebih baik membeli tiket kombinasi Akropolis dan tempat –tempat bersejarah lainnya agar lebih murah.

Post-credit Scene : Zeus dan hasratnya yang terus mengebu-gebu selalu mengejar wanita atau dewi manapun, jujur aku tak sanggup menulis semua kisah roman picisan si raja dewa ini, next saya bahas tentang Hercules dan tempat wisata yang berhubungan dengan si demi-god ini ok. Sementara itu Hera yang suka ngambek sama Zeus tiba-tiba digoda oleh Ixion yang diundang makan malam di Olympus. Ixion menggoda Hera dengan menyentuh kakinya ke kaki Hera. Mengira Zeus akan cuek saja, Hera melaporkan kepada Zeus soal Ixion dan ulahnya yang tak pantas tersebut. JEGERRR!!! Zeus marah luar biasa dan langsung menyambit geledek ke arah Ixion. Ixion terjatuh ke Tartarus dan dihukum dengan cara diikat dengan ular berbisa ke roda berputar di kawah berapi. Semacam dibikin BBQ panggang sepanjang masa. Jadiiiii Zeus itu playboy yang juga cemburuan kalo istrinya digodain, gitu loh teman…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s