Guru Kelana Open Trip Turkey (June 2019)

Hai semua!! Ya, kamu..kamu yang lagi baca tulisan ini. Kamu yang sering baca cerita-cerita petualangan Guru Kelana dan kepengen ikutan jalan-jalan ala Guru Kelana. Ada kabar baik nih, Liburan lebaran Juni 2019 Guru Kelana bakalan buka open trip ke Turki! Yep Turki, negara yang kaya sejarah, makanan enak, dan pemandangan yang mantep itu. Siapa yang kepengen buat foto di Hagia Sophia dan berfoto ala Hurrem dan Sulaiman, belajar sejarah Yunani sambil selfie di Library of Celsus, atau berendem di pemandian air panas ala Romawi yang sudah berusia ribuan tahun? Atau naik balon sambil nikmatin pemandangan Capadoccia yang cakep banget itu? Makanya ikutan deh Open Trip bersama Guru Kelana.

Kenapa Mesti Ikutan Guru Kelana?

  1. Guru Kelana berpengalaman keluyuran di Turki sendirian dan banyak cerita-cerita seru soal Turki dan sejarahnya. Ga usah Tour Guide deh.
  2. Dengan Guru Kelana, tournya bakalan independen n semi backpacking. Kemana-mana naik kendaraan umum (buat yang mau tau bis antar kota di turki, klik di sini),restoran n jajanan lokal yang harganya murah. NO MORE TOURIST TRAPS!
  3. Belajar jalan-jalan mandiri dari Guru Kelana yang sudah terbiasa ngurus trip dari nginjek keset rumah sampe ke tujuan and balik lagi ke ranjang tercinta. Anggaplah open trip sekalian belajar gimana ngatur trip sendiri di masa depan. Siapa tau bisa buka open trip juga.

Rutenya?

KL-Istanbul – Izmir 

Setelah penerbangan panjang dari KL-Istanbul-Izmir, kita akan beristirahat di hotel dan makan malam di kawasan Basmane. Basmane adalah daerah kota tua Izmir yang tidak jauh dari Agora (sisa kota tua Smyrna), Konak Square, Kordon dan Kemeralti Market yang sangat ramai dan hangat. Esoknya kita akan mengunjungi kota Cesme dan Alacati. Alacati adalah kota penginggalan bangsa Yunani yang masih mempertahankan arsitektur khas Yunani. Anda akan merasa berada di salah satu kota pantai Yunani, lengkap dengan kincir anginnya.

 

 

 

Selcuk 

Setelah sarapan kita akan naik kereta api menuju Selcuk. Selcuk adalah kota yang paling deket dengan Efesus, kota dengan reruntuhan Romawi yang paling cakep di dunia. Selain Efesus, kita juga bakalan mengunjungi Rumah Bunda Maria, Cave of Seven Sleepers, Temple of Artemis, Isa bey Mosque dan Basilica St John tempat Rasul Yohanes disemayamkan. Selcuk sangat nyaman karena disini suasananya lebih tenang dan paling asik itu kalau kita ke Sirince buat nyantai n menikmati kota peninggalan bangsa Yunani yang sekarang sudah pindah.

 

 

Pamukkale

Usai mengunjungi Selcuk, kita capcus menuju Pamukkale yang terkenal akan traventinnya yang indah. Disini kita bisa juga mengunjungi Hierapolis, kota Romawi yang dulu terkenal sebagai kota spa dan tentu saja menikmati hangatnya air di pemandian Romawi yang konon dulu pernah jadi tempat bulan madu Marc Anthony dan Cleopatra. Jika anda tertarik dengan sejarah Kristen, di kota Hierapolis ini pula anda bisa menemukan makam Rasul Filipus yang menurut tradisi dimakamkan ditempat ini sebelum jenazahnya dipindahkan ke Constantinople (Istanbul sekarang). Ketika malam tiba, kita akan menumpang bis malam menuju Goreme, Cappadocia.

 

 

Cappadocia

Pagi menyambut di Cappadocia, pemandangan ala permukaan bulan akan menyambut mata anda yang baru melek. Setelah check in di hotel ala Flintstone (kartu yang yabadabadoo itu), kita bakalan ngunjungi tempat-tempat di sekitar Goreme seperti Goreme Open Air Museum, Goreme View Point, dan Uchisar Valley. Keesokan harinya kita akan berkeliling mengikuti rute Green Tour dengan van sewaan. Kita akan trekking ringan di Ihlara Valley sambil mengunjungi beberapa gereja kuno. Setelah Ihlara Valley, kita juga akan pergi ke kota bawah tanah Derinkunyu yang merupakan tempat persembunyian orang Kristen mula-mula. Foto pemandangan keren di Selime Monastery dan beberapa lokasi lain sebelum berangkat dengan bis malam menuju Istanbul atau naik pesawat esok paginya.

 

 

Istanbul

Pagi setelah tiba di hotel, kita akan mulai menjelajah kota dua benua ini. Kita akan mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Sultanahmet dari Blue Mosque,Hagia Sophia, Topkapi Palace, Hippodrome dan lainnya. Saat malam menjelang kita akan mengunjungi Taksim Square dan Istiklal Street untuk menikmati suasana Istanbul disaat malam yang keren itu.

Hari ini buat yang hobi belanja, kita akan belanja oleh-oleh di Grand Bazaar dan Spice Market, atau jika kepengen yang lebih rasa lokal kita bakalan ke Kadikoy buat makan atau hang out di Kawasan Moda. Buat yang pengen ngerasain Turkish Bath, di Kadikoy ini juga ada Hammam yang terkenal dikalangan lokal. Lumayan relaksasi sebelum besok balik lagi ke tanah air. Buat yang suka bertualang, kita juga bakalan ngunjungi tempat-tempat historis yang jarang dikunjungi oleh turis di Istanbul,nah kalo ini nanti saja ya bocorannya.

Berapa hari totalnya? 12 hari termasuk flight dari KL-Istanbul dan Istanbul KL.

Jumlah Pesertanya? maksimal 10 peserta dan minimal 5 peserta.

Harganya? 16jutaan (harga fix bakalan diinformasikan segera)

Termasuk apa saja?

  • Tiket Pesawat PP KL-Istanbul Full Service
  • Tiket Pesawat Istanbul-Izmir
  • Tiket Pesawat Kayseri- Istanbul
  • E-visa Turkey
  • Penginapan hotel sharing berdua sekamar, breakfast included
  • Transportasi bis antar kota
  • Tiket masuk tempat wisata yang dicover oleh Turkey Museum Card

Yang tidak termasuk

  • Biaya pengeluaran pribadi seperti makan, atraksi optional seperti paragliding di Oludeniz, naik balon di Cappadocia, dan lain-lain
  • Biaya transportasi dalam kota seperti ongkos tram, bis dan ferry.

Disclaimer : Open Trip ini cocok buat para traveler yang berjiwa petualang, open-minded karena kita bakalan interaksi dengan penduduk lokal, tangguh karena bakalan pake transportasi lokal, suka nyobain budaya setempat dan belajar sejarah. Tiap peserta bertanggung jawab akan diri dan barang bawaan masing-masing dan dijamin akan banyak hal baru yang akan temen2 dapet di trip ini. Karena konsep trip ini adalah Adventure Travel, peserta mesti siap fisik untuk banyak jalan kaki, naik angkot dan kendaraan umum lainnya. Beberapa tujuan dalam trip akan disesuaikan dengan kondisi namun destinasi yang confirmed adalah Istanbul, Selcuk, Pamukkale dan Goreme.

So tunggu apa lagi? daftar segera ke link facebook Guru Kelana untuk info lebih lanjut. See you in Turkey 😀

Advertisements