Tips & Trick Jalan-Jalan Hemat di Praha

 

Charles Bridge yang membentang dengan anggunnya di atas Sungai Vlatava yang mengalir perlahan memantulkan bayangan Prague Castle yang berdiri kokoh di bukit. Pemandangan indah yang hanya bisa anda dapatkan di Praha, ibukota Republik Ceko. Selain itu, berbagai bangunan kuno seperti Gereja St Vitus, Powder Tower, Old Town ,Square dan berbagai pengalaman menarik seperti berfoto di terowongan buku, naik lift unik bernama Pater Noster dapat anda nikmati di kota yang dijuluki Kota Seribu Menara ini. Praha dengan segala daya tariknya telah menjadikannya sebagai tujuan turis dunia. Ramainya turis yang mengunjungi kota ini membuat harga naik dan Praha tidak lagi merupakan destinasi murah meriah seperti pada tahun 90an. Namun Praha masih terjangkau dan ongkos traveling di sini masih lebih murah ketimbang kota-kota besar Eropa lainnya seperti Paris, Vienna, Roma dan lainnya. Masih ada cara untuk menghemat budget anda ketika mengunjungi kota indah ini, namun jangan khawatir, hemat bukan berarti melarat dan anda masih bisa menikmati liburan anda dengan menyenangkan. Berikut rangkuman tips dan trik saya selama jalan-jalan di Praha.

Pilih daerah yang tepat sebagai tempat tinggal

Kota Praha terbagi menjadi 10 distrik dengan pusat kota berada di Prague 1. Prague 1 adalah tempat tujuan turis. Kawasan kota tua, Prague Castle, Charles Bridge dan semua tempat yang biasa dikunjungi turis berada di kawasan ini. Anda tidak akan terlalu jauh dari semua tempat wisata di kota tua dan anda hanya perlu berjalan kaki. Namun karena berada di pusat, harga penginapan, makanan dan minuman cenderung lebih mahal dari tempat lain. Selain itu, anda akan merasa berada di “kamp turis”  sehingga anda tidak bisa merasakan pengalaman ala lokal seperti di wilayah lain. Karena saya dan istri lebih suka tinggal di tempat dengan nuansa lokal dan jauh dari tempat yang touristy, kami memilih tinggal di Praha 6. Praha 6 merupakan wilayah residential penduduk Praha. Karena lumayan jauh dari wilayah kota tua (sekitar 20 menitan naik tram), harga penginapan, makanan dan minuman pun tidak semahal di Prague 1. Selain itu anda bisa menikmati pengalamanan ala penduduk lokal seperti belanja di toko grosir, makan murah di kantin atau ngobrol dengan penduduk lokal di cafe. Jika anda tidak keberatan naik tram untuk mengunjungi kota tua dan tujuan wisata lainnya, maka tinggal di Praha 6 bisa menjadi pilihan yang tepat.

IMG20180614222611
Ramainya Old Town di malam hari

Pilih Jenis Transportasi yang tepat

Sistem transportasi di Praha sangat baik. 10 distrik di kota ini terhubung oleh tram, bis, dan metro yang beroperasi dari pagi sampai malam hari. Bahkan ketika metro dan sebagian besar tram tidak beroperasi, night tram siap melayani penumpang menggantikan tram yang tidak beroperasi di malam hari. Praha memberlakukan sistem one ticket for all, yang artinya tiket yang kita beli berlaku untuk semua jenis transport. Tiket transport di Praha terbagi menjadi dua jenis,tiket satuan dan tiket harian. Tiket satuan kemudian juga terbagi dua menurut durasi: tiket yang berlaku selama 30 menit seharga 24 CZK dan 90 menit seharga 32 CZK. Tiket harian terbagi menjadi tiket 24 jam (110 CZK) dan Tiket 72 jam (310 CZK). Sebelum digunakan, tiket ini harus divalidasi di kotak kuning yang tersedia di depan pintu metro atau dalam tram dan bis. Petugas berseragam preman kadang hadir untuk memeriksa tiket anda, jika anda lupa validasi atau memberikan tiket yang sudah lewat masa berlaku anda bisa kena denda yang cukup besar. Selain sistem transportasi yang baik, Praha juga memiliki jalur pejalan kaki yang nyaman. Jalan- jalan di kawasan Old Town dikhususkan untuk pejalan kaki sehingga anda bisa menikmati bangunan-bangunan kuno seperti Clock Tower, Powder Tower dan tentu saja, Charles Bridge tanpa was-was disrempet mobil. Jika anda tinggal di kawasan Old Town, anda bisa berjalan kaki ke semua tujuan turis mainstream di Praha.

Tukar Uang dan Ambil Uang di Tempat yang Tepat

Seiring dengan meningkatnya industri pariwisata di Praha, meningkat pula aktivitas pihak-pihak yang berusaha mengambil keuntungan dari geliat pariwisata ini. Salah satunya adalah Money Changer yang tidak jujur. Ada beberapa tempat penukaran uang yang menerapkan nilai tukar yang merugikan turis dan ada juga yang mengambil komisi yang tinggi. Sebelum menukar Euro anda dengan CZK (Czech Koruna), google dulu rate konversi Euro ke CZK agar anda tahu harga yang ideal dan pastikan tempat tersebut tidak memungut komisi atau komisi yang tinggi. Untuk tempat penukaran uang yang jujur, tontonlah klip Youtube Honest Guide karya Janek Rubek yang banyak memberi tips dan saran jalan-jalan di Praha. Jauhi mengambil uang di ATM berlogo Euronet. Euronet memberi rate tukar yang rendah dan juga menarik biaya admin yang cukup tinggi. Kami mengetahui ini ketika mengambil uang di mesin ATM Euronet di salah satu minimarket dalam perjalanan menuju Praha. Karena kami akan sampai di Praha pagi hari dan belum memiliki CZK sama sekali, akhirnya kami mengambil uang di mesin tersebut dan alhasil kami rugi banyak. Ambillah uang di mesin ATM bank lokal seperti Ceska Sporitelna,CSOB, Komercni banka, Czech National Bank, dan Czech Export Bank. Saya mengambil uang di ATM Ceska Sporitelna di Prague City Hall dan ratenya pun jauh lebih baik dari yang saya ambil di ATM Euronet.

 

Pergi Ke Tempat Wisata Gratis

Hal paling asyik ketika mengunjungi kota-kota di Eropa adalah banyaknya tempat wisata gratis seperti alun-alun kota, taman atau ruang publik lain. Di Praha tempat wisata gratis lumayan banyak. Kami bahkan tidak membayar sepeser pun untuk bersantai menikmati pemandangan kota Praha dari Prague Castle. Jalan-jalan di Charles Bridge yang terkenal itu pun gratis. Sebagian besar gereja kuno dengan mosaica dan arsitekturnya yang indah tidak perlu bayar. Berikut ini tempat wisata gratis yang kami kunjungi (atau tidak) di Praha :

  1. Kawasan Prague Castle : St Vitus Church, Golden Lane (di atas jam 7 malam)
  2. Charles Bridge
  3. Petrin Hill
  4. Wenceslas Square
  5. Old Town
  6. Vysherad Castle
  7. Lennon’s Wall

Makan di Kantin

Jika anda ingin makan murah dan menikmati suasana lokal ala penduduk lokal, cobalah makan di kantin. Ada banyak kantin di Praha dan harganya pun murah karena pangsa pasarnya adalah penduduk lokal. Kantin biasanya menyediakan menu harian yang dapat kita liat di papan pengumuman di dalam restoran. Berkat aplikasi Zomato, kami bisa mencari tempat makan sesuai dengan budget kami. Cukup pilih opsi “canteen” dan kami bisa mencari kantin dengan harga sesuai budget dan review tinggi. Lidova Jidelna adalah kantin yang pernah kami kunjungi berkat aplikasi Zomato. Hasilnya tentu memuaskan.Oh iya pengalaman kami makan di kantin bisa anda baca di sini.

IMG20180614140118

Be Local, Stay with Local

Tiga hari tinggal bersama Anicka (walau kami jarang bertemu) mengajarkan kami beberapa hal tentang orang Ceko pada umumnya. Untuk sarapan umumnya orang Ceko makan di rumah dan jarang pergi keluar untuk sarapan. Orang Ceko biasanya mengunjungi supermarket atau toko dekat rumah untuk belanja bahan makanan untuk kemudian dimasak. Untuk makan siang mereka makan di kantin atau restoran. Makan malam biasanya di restoran atau di rumah tergantung selera mereka. Tinggal di apartemen Anicka juga menghemat pengeluaran kami untuk laundry karena Anicka mempersilahkan kami menggunakan mesin cucinya tanpa bayar.Bayangkan kalau kami tinggal di hotel dan bayar ongkos laundry yang tidak murah. Bisa cuci sendiri di hotel, namun pasti sulit mengeringkan cucian yang basah. Anicka juga terbilang host yang tidak perhitungan. Kami masih bisa menggunakan fasilitas apartemen walau sudah lewat waktu check out. Tinggal di Airbnb merupakan opsi yang tepat jika anda ingin berhemat.

Hindari Tourist Trap

Seperti yang saya sebutkan di atas, Praha telah menjadi tujuan wisata yang sangat populer. Hal ini menyebabkan banyaknya “tourist traps” bermunculan di lokasi turis. ‘Tourist traps’ ini berupa restoran mahal tapi ga enak, tempat penukaran uang yang tidak jujur, kios street food yang menjual makanan”murah” tapi mahal, kios souvenir yang katanya jualan oleh-oleh asli Ceko tapi buatan Cina dan banyak lainnya. Praha penuh dengan tourist traps yang siap menelan bulat-bulat uang anda jika anda tidak hati-hati. Hindari makan di tempat dimana rombongan turis berkumpul dan konsultasikan dengan Zomato untuk mengetahui harga di restoran yang anda tuju. Jika anda ingin membeli oleh-oleh murah, jangan beli gantungan kunci atau tempelan kulkas. Harganya mahal brow..lebih baik simpan koruna anda dan pergi beli snack ala Ceko seperti spa wafer, permen, dan coklat di supermarket seperti Tesco. Selain harganya murah, oleh-oleh ini juga unik dan asli buatan Ceko. Hindarilah jebakan Money Changer seperti yang saya jelaskan di point Tukar uang dan Ambil Uang di tempat yang tepat.

IMG20180613130940

Regiojet dan Flixbus

Regiojet dan Flixbus adalah dua perusahaan bis yang kudu anda ingat jika anda ingin berpergian dari Praha ke kota-kota lain di Republik Ceko. Kedua bis ini menawarkan harga yang murah dan bisa dipesan secara online dengan aplikasi mobile phone atau website. Dari kedua bis ini, Regiojet memiliki layanan yang lebih baik dan bisnya lebih nyaman. Jika harganya tidak jauh berbeda, pilihlah Regiojet.

IMG20180615151023

Nah demikianlah tips & trik jalan-jalan di Praha yang bisa saya bagikan. Jika ada tips lain yang ingin anda tambahkan, silahkan beri komentar di artikel ini. Thank you dan salam kelana.

Advertisements

2 thoughts on “Tips & Trick Jalan-Jalan Hemat di Praha

  1. Sangat bermanfaat.. Krn sy beserta suami berencana mengunjungi Praha bulan Oktober merayakan anniversary perkawinan kami. Terima kasih sekali .

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s