9 hal kekinian yang mesti dicoba di Istanbul

1. Selfie di Hagia Sophia & mencoba peruntungan di Wishing Column

Hagia Sophia mungkin satu-satunya bangunan sejarah yang mewakili dua agama besar di dunia, Nasrani dan Islam. Dibangun sebagai gereja oleh Kaisar Justinian, Hagia Sophia kemudian dialihfungsikan menjadi mesjid setelah Penaklukan Constantinople oleh bangsa Turki Ottoman. Cuma di Hagia Sophia kita bisa selfie dengan latar belakang mosaic Bunda Maria dan Kanak-Kanak Yesus berdampingan dengan aksara Arab Allah dan Muhammad. Selain selfe dan menikmati keindahan bangunan yang usianya sudah lebih dari 1000 tahun ini, kita juga bisa mencoba peruntungan kita di Wishing Column yang terdapat di Hagia Sophia. Konon Wishing Column memiliki khasiat penyembuhan,barangsiapa yang memasukkan jempolnya ke dalam lubang yang terdapat di pilar bangunan ini dan jempolnya keluar dengan lembab, apapun penyakitnya niscaya akan sembuh. Tertarik?

2. Naik Cruise di Bosphorus

Sebagai kota yang terletak di ujung dua benua besar di dunia, Istanbul seolah tidak terpisahkan dari air. Laut Hitam, Laut Marmara dan Selat Bosphorus adalah badan air yang terdapat di sekitar Istanbul. Kapal pesiar,ferry sampai kapal nelayan hilir mudik di perairan Istanbul yang memang sudah terkenal dari zaman Yunani kuno. Bagi para turis, ikut cruise menyusuri Selat Bosphorus dan menikmati pemandangan Istanbul dari kapal adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Harganya pun murah, hanya dengan 10-15 lira saja, kita dapat menikmati sensasi berlayar di selat yang memisahkan dua benua ini.Kita bisa menikmati pemandangan bangunan-bangunan bersejarah di sebelah Eropa seperti Istana Dolmabahce, Benteng Rumeli Hisari, dan Jembatan Bosphorus yang tersohor itu. Kapan lagi bisa naik cruise dengan harga murah meriah?

3.  Bolak- Balik Benua Eropa dan Asia dalam waktu sejam saja

Istanbul adalah satu-satunya kota yang terletak di dua benua, Asia dan Eropa. Dipisahkan oleh Selat Bosphorus, dua bagian benua ini sama-sama memiliki daya tarik sendiri. Daerah Eropa lebih terkenal di kalangan turis dengan tempat-tempat wisata seperti Hagia Sophia, Blue Mosque, Basilica Cistern dan lain-lain. Bagian Asia  seperti daerah Kadikoy dan Uskudar lebih terkenal sebagai tempat penduduk lokal Istanbul tinggal dan tempat asik untuk sekedar mencari makanan murah dan jalan-jalan menikmati suasana Istanbul yang asli. Nah, kita bisa mengunjungi dua benua ini dengan naik ferry saja selama kurang lebih setengah jam. Kalau emang kepengen iseng mamer ke temen-temen,kita juga bisa bolak-balik Asia dan Eropa dalam waktu sejam saja. “Woi gue ke Asia n Eropa bolak balik cuma sejam loh” tulis di caption foto pas nyebrang ferry dari Eminonu (Eropa) ke Kadikoy (Asia).

 

4. Naik Tram Nostalgia

Pernah liat tram pendek berwarna merah putih yang meluncur perlahan di tengah jalan yang rameee banget? Nah itulah Tram Nostalgia yang menjadi salah satu icon Istanbul. Tram ini adalah satu-satunya kendaraan yang boleh melintas di Istiklal Street yang sekarang telah menjadi pusat perbelanjaan dan wisata.Anda bisa naik tram yang sering mangkal di Taksim Square. Ingat juga karena kapasitasnya yang terbatas, sering sekali penumpang tidak kebagian tempat di tram ini. Saya sendiri baru sekali naik tram yang menyusuri Istiklal Street dari ujung ke ujung ini. Bunyi belnya yang khas dan kalo naik tram ini berasa seleb, soalnya bakalan jadi obyek foto para turis yang selalu motret tram antik yang cakep ini.

5. Jalan Kaki dari Taksim Square sampai Sultanahmet.

Jalan kaki? Apa ga gempor? Tenang2. Rute jalan kaki dari Taksim Square sampai Sultanahmet cuma 4.5 km doang n kita bakal melewati jalan-jalan yang ramah bagi pejalan kaki dan bisa cuci mata menikmati pemandangan yang indah. Mulai dari Taksim Square, kita berjalan menyusuri Istiklal Street sambil belanja atau sekedar cuci mata di pertokoan yang ada di kiri kanan jalan sampai ke Galata Tower yang dulunya merupakan menara tertinggi di Istanbul. Jika anda punya uang lebih dan ingin naik Galata Tower, anda bisa menikmati pemandangan Selat Bosphorus yang indah dari menara peninggalan bangsa Italia ini. Setelah itu kita bisa berjalan menuju jembatan Galata dan menikmati pemandangan sambil makan Balik Ekmek yang gurih dan ngenyangin itu. Kepengen belanja? Spice Market sudah di depan mata menggoda dengan Turkish Delight dan buah-buahan kering yang lezat. Usai belanja di Spice Market, kita lanjut berjalan sampai Sirkeci, stasiun kereta Orient Express yang terkenal berkat novel karya Agatha Christie. Di dekat Sirkeci juga ada tempat makan asik dan lezat dekat masjdi Hodja Pasha yang harganya ringan dikantong dan mungkin tempat paling enak buat makan di sekitar Sultanahmet.Setelah makan, kita lanjut jalan mengikuti jalur tram dan sampai di Gulhane Park. Taman yang dulunya merupakan bagian dari Topkapi Palace ini merupakan tempat asik untuk duduk istirahat setelah berjalan jauh. Nah, setelah itu kita pun sampai di Sultanahmet Square dimana Hagia Sophia dan Blue Mosque berdiri berhadapan menyambut kita. Asyik kan? Rute ini cuma sekitar 2jam berjalan santai loh, jadi jangan takut kecapean. Klo cape ya tinggal naik tram hehehe.

 

6. Makan Balik Ekmek di Eminonu.

“Balik Ekmek..Balik Ekmek” teriak cowok bewok sambil manggang ikan dari atas perahu yang goyang-goyang karena ombak. Di sekitarnya banyak penduduk lokal dan turis duduk menikmati Balik Ekmek yang ternyata adalah sandwich isi ikan panggang, bawang dan sayuran yang disiram dengan perasan lemon. Rasanya mantep n enak banget, buat temen-temen yang pergi ke Istanbul, jangan pernah lewatin makan sandwich yang enaknya bikin kangen ini. Oh iya, Balik Ekmek biasanya dijual diatas kapal ala Ottoman yang mangkal di Eminonu, dekat Jembatan Galata.

7. Foto Keren di Buyuk Valide Han

Buyuk Valide Han adalah nama bangunan tua di belakang Spice Bazaar yang dulunya merupakan tempat penginapan bagi para saudagar yang singgah di Istanbul melalui Jalur Sutera. Sekarang bangunan ini merupakan tempat para tukang besi bekerja, nah apa istimewanya tempat ini? Buyuk Valide Han sekarang terkenal karena satu hal. Atapnya yang menawarkan pemandangan Istanbul dengan latar belakang Selat Bosphorus dan Jembatan Galata yang indah itu. Umumnya turis lokal yang biasa berfoto disini, namun sekarang turis manca negara mulai mengendus keberadaan tempat yang happening banget buat ngambil foto ini. Mau tau bagaimana foto di tempat ini? silahkan klik disini.

8. Ngopi-ngopi cantik di Pierre Loti Cafe

Kepengen ngopi sambil menikmati pemandangan indah ala Istanbul? Pergilah ke Pierre Loti Cafe di Eyub, dijamin anda akan terpukau sama keindahan pemandangan Golden Horn yang semakin ajib dengan kopi Turki yang nikmat. Cafe yang dibangun untuk mengenang seorang perwira Perancis yang juga seorang penulis novel ini ramai dikunjungi penduduk lokal yang senang duduk ngopi sambil menikmati pemandangan. Buat turis, ngopi trus difoto buat instagram adalah hal yang wajib kalo ke sini. Mau tau bagaimana ke tempat ini? silahkan klik di sini.

9. Foto ala Sultan dan Hurrem di Istana Topkapi

Bagi penggemar sinetron Turki ” Abad Kejayaan” nama Sultan Sulaiman dan Hurrem tentu tidak asing lagi. Sang Sultan dan permaisurinya yang cantik itu benar-benar pernah tinggal di Istana Topkapi dan mengunjungi tempat tinggal sang sultan merupakan hal yang sesuatu banget. Selain jalan-jalan di Istana Topkapi, kita juga bisa berfoto ala Sultan dan Hurrem di dekat loket karcis masuk Istana Topkapi. Anda dan pasangan anda bisa duduk di tahta sambil mengenakan busana kesultanan Ottoman dengan gagah. Harganya pun relatif terjangkau dan anda bisa berpose sebanyak apapun dan anda bisa memilih foto yang ingin ditebus. Asyik kan?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s