Serba-Serbi Otogar : Terminal Bis di Turki

Otogar adalah bahasa Turki untuk terminal bis yang terdapat di kota besar seperti Istanbul atau kota kecil seperti Selcuk. Bagi penduduk Turki dan turis yang sering menggunakan transportasi darat, otogar merupakan tempat yang akan dituju ketika hendak berpergian keluar kota. Otogar di Turki umumnya terletak di pusat kota dengan fasilitas yang bervariasi tergantung dari besar atau kecilnya otogar tersebut. Otogar besar dan modern seperti Otogar Izmir, Istanbul dan Denizli memiliki fasilitas modern seperti café, restoran, toilet, minimarket, penitipan tas (emanetci). Otogar di kota-kota besar ini juga biasanya memiliki 2 terminal bis  yang terpisah, biasanya beda lantai, yaitu terminal antar kota ( Sehirlerarasi Terminali) yang melayani rute jauh dan terminal dalam provinsi (Ilceler Terminali) yang melayani rute dekat. Otogar di kota kecil biasanya hanya memiliki fasilitas basic seperti restoran kecil dan toilet. Ketika sampai di otogar, kita akan melihat banyak kios-kios perusahaan bis yang berjejer di sana, umumnya kita bisa menghampiri salah satu kios untuk menanyakan tujuan dan keberangkatan bis atau jika anda sudah mengetahui bis dari perusahaan mana yang akan anda tuju (untuk mengetahui cara mencari tahu jadwal dan harga tiket bis secara online, klik disini), anda dapat langsung membeli tiket di agen perusahaan bis tersebut.

Umumnya otogar di kota besar terletak agak jauh dari tempat wisata namun akses transportasi dari dan menuju otogar cukup memadai. Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti bis, tram atau metro untuk mencapai otogar. Berikut adalah cara mencapai otogar di kota2 besar di Turki yang pernah saya kunjungi.

  1. Buyuk Otogar (Istanbul)Jika anda tinggal di Sultanahmet, otogar Istanbul dapat dicapai dengan naik trem tujuan Baciglar, turun di Yusufpasa kemudian berjalan ke stasiun metro sekitar 3 menitan, naik metro menuju Otogar (pemberhentian ke 6)
  2. Izmir Otogar ( Izmir)Kawasan paling ideal untuk dijadikan tempat menginap di Izmir adalah kawasan Basmane yang lokasinya dekat dengan Basmane Gar (stasiun kereta Basmane) dan stasiun Metro. Namun sayangnya, baik metro atau kereta tidak melayani rute menuju Otogar. Jika anda ingin mencapai Izmir Otogar dari Basmane, anda dapat naik bis dari samping stasiun kereta Basmane (dekat hotel Metro). Perhatikan pelang Eshot yang menandakan perhentian bis. Bis no 54 atau 191 menghubungkan Basmane dengan Otogar.
  3. Denizli Otogar (Denizli)Biasanya untuk turis yang mengunjungi Pamukkale dengan bis dari kota lain, Denizli Otogar hanya akan menjadi tempat berganti kendaraan dari bis besar ke dolmus yang sudah disiapkan oleh agen bis. Namun lain ceritanya jika anda akan mengunjungi Pamukkale dengan naik kereta dari Selcuk. Anda harus berjalan  sekitar 10 menit dari  Stasiun Kereta  Denizli. Jangan takut tersasar karena banyak penumpang kereta yang biasanya juga berjalan menuju otogar Denizli setelah sampai di stasiun kereta. Ikuti saja mereka dan kalau nyasar tinggal tanya penduduk setempat yang ramah2.
  4. Antalya Otogar (Antalya). Umumnya traveller yang mengunjungi Antalya akan tinggal di kawasan Kaleici (Old Town) yang indah dan memiliki banyak obyek wisata untuk dikunjungi. Jika kita ingin mengunjungi tempat2 wisata di luar Antalya, kita harus mencapai Otogar untuk naik bis menuju tempat wisata tersebut. Jika anda tinggal di Kaleici, anda dapat berjalan menuju pemberhentian tram terdekat dari Kaleici yaitu Ismetpasha dan menumpang trem sampai Otogar.

Selain di kota-kota besar di atas, otogar di kota-kota kecil umumnya terletak dekat dengan pusat kota dan mudah dijangkau dengan berjalan kaki saja seperti otogar Selcuk yang posisinya di seberang Museum Ephesus dan tak jauh dari Basilica St John. Ketika anda berpergian dengan menggunakan bis, anda bisa juga menitipkan tas anda di agen bis jika anda ingin berjalan-jalan sebentar menunggu keberangkatan bis anda. Umumnya agen bis tidak berkeberatan dititipi tas namun untuk alasan keamanan, jangan menaruh benda berharga di tas anda. Saya suka datang lebih awal dari jadwal keberangkatan bis dan menghabiskan waktu sebentar di otogar karena di otogar banyak makanan. Salah satunya restoran dekat otogar Fethiye yang chicken shish-nya sangat lezat dan porsinya yang besar. Luangkan waktu anda untuk sekedar makan siang di otogar, hitung-hitung makan sebelum berangkat dan tidur di bis.

33 Comments

  1. Pak hendro saya sudah baca berulang ulang blog bpk mngnai otogar, dan check berulanPak hendro saya sudah baca berulang ulang blog bpk mngnai otogar, dan check berulang lwat google. Namun blm ktemu info’na. Kira-kira jika saya mau ke cappadocia by bus dr istanbul, dan mau check jadwal keberangkatan bus di obilet. Yang harus saya input info’na di nereden dan nereyen itu istabul anadolu atau avrupa ya ? Yang kira kira saya akan naik dr buyuk otogar yg di info bpk dalam blog ini, lalu tujuanna nevsehir atau kayseri, saya sudah cb berulang namun tidak terdapat info’nya di aplikasi tsbg lwat google. Namun blm ktemu info’na. Kira-kira jika saya mau ke cappadocia by bus dr istanbul, dan mau check jadwal keberangkatan bus di obilet. Yang harus saya input info’na di nereden dan nereyen itu istabul anadolu atau avrupa ya ? Yang kira kira saya akan naik dr buyuk otogar yg di info bpk dalam blog ini, lalu tujuanna nevsehir atau kayseri, saya sudah cb berulang namun tidak terdapat info’nya di aplikasi tsb

    • Kalo mbak mau naik dari Buyuk Otogar, pilih Istanbul Avrupa. Terkadang memang info bis di website tidak dicantumkan, namun jangan khawatir. Biasanya jika anda datang sehari sebelum keberangkatan masih ada bis. Nah kalo anda mau ke Cappadocia, pilih saja tujuan Goreme

  2. Mas, saya mau tanya.
    1. Apakah istanbul buyuk otogar ini sama maksudnya dgn esenler otogar?
    2. Apakah bus yg menuju cappadocia memaksudkan menuju goreme? Atau hanya sampai nevsehir? Atau adakah bus yg lgsg menuju goreme?
    3. Apakah ada bus dari goreme lgsg menuju selcuk? Atau apakah bus itu hanya sampai di izmir dan kita sambung naik kereta/bis ke selcuk?
    4. Apakah ada bis dari basmane otogar izmir menuju airport adnan menderes izmir? Atau harus naik kereta (dari basmane gar)?
    Terimakasih mas atas pencerahannya.

    • 1. Sama saja mbak,esenler n buyuk otogar ituterminal yg sama
      2. Bus menuju ke Cappadocia biasanya akan melewati Nevsehir baru ke Goreme.pastikan bis mencapai Goreme ketika beli tiket.
      3. Selcuk-Goreme saya kurang tahu,tapi klo pun tidak ada,bisa naik dari Denizli.
      4. Maksudnya stasiun kereta basmane? Kalo dari stasiun kereta,ada kereta menuju airport tapi jadwalnya tidak rutin. Saya tidak pernah ke otogar basmane, otogar izmir pernah.kalo dari otogar ada bis ke adnan menderes.

  3. Mas, berhubg tgl kebrgktan sdh smakin dkt, saya perlu pencerahan lagi ?. Saya n grup brencana lanjut ke Sart (Sardis) stlh bbrp jam mengelilingi travertine Pamukkale. 1. Apakah ada dolmus dr kota kecil Pamukkale lgsg menuju Sart? Ataukah kami hrs kembali lebih dulu ke terminal Denizli utk naik bus besar? 2. Hari k-2 kami ingin mengunjungi Laodicea ancient (stgh perjalanan dr denizli otogar ke pamukkale) naik dolmus dr otogar. Apakah utk perjalanan plg nya kami masih bisa dapat bangku kosong di dolmus menuju Denizli? Mengingat kami ber4 naik dr tengah perjalanan.
    3. Saat di kota Izmir, kami berencana habiskan 1 hari kunjungi kota kuno Efesus, Kusadasi dan Sirince. Menurut Mas, stlh tiba di stasiun Selcuk pagi hari, mana urutan yg paling tepat utk dikunjungi paling awal?
    Pencerahannya ditunggu.
    Terimakasih banget.

    • Saya jawab satu satu ya.

      1. Tidak ada dolmus lsg dari Pamukkale ke Sart. Mbak harus ke Otogar Denizli lalu naik bis ke Otogar Izmir dulu,baru naik dolmus ke Sart,sampainya di Sart,mbak juga harus jalan kaki ke situs Sardis sekitar 1km.

      2. Tidak ada yg bisa menjamin ada atau tidak ada bangku kosong di dolmus. Namun mbak bisa berdiri kalau tidak ada tempat duduk.

      3.kunjungi Selcuk dulu,lalu kusadasi dan terakhir ke Sirince. Saran saya,tidak usah memaksakan ke Sirince dan Kusadasi sekaligus.pilih saja salah satu biar lebih nyaman.

  4. Sekedar mw ucapin terimakasih buat Mas Hendry Liu atas pencerahannya shg perjalanan 11 hari ngebolang ke Turki sukses.
    1. Bus dr Istanbul (buyuk otogar) – Goreme, kami disarankan pilih Oncu Sehayat. Itu direct. Sedangkan bus lain (tadinya kami brncana naik Metro Turizm) bisa jadi ditransfer ke bus kecil saat tiba di Nevşehir.
    2. Ada bus dari Goreme menuju Selcuk (tapi transfer di terminal Denizli). Kita bisa beli tiketnya lgsg dr loket bis di Goreme (hasil ngobrol sesama penumpang dgn turis dr UK yg mw ke Selcuk). Sesampainya di terminal Denizli kami pisah n turis itu lgsg dijeput oleh bis kecil khusus menuju Selcuk. Bis yg kami naiki saat itu Nevsehir Sehayat (Goreme – Denizli).
    3. Selalu ada kereta dari Basmane Gar (stasiun kereta), terjadwal, menuju airport Adnan Menderes. Hanya saja kita perlu perhitungkan wkt menunggu keberangkatan kereta. Perjalanan ke airport sekitar 30 menit.
    Tapi kami pilih taxi krn bawaan yg bertambah. Tiket kereta sekitar 5lira. Big taxi 70 lira (share biar murah).
    4. Tdk praktis naik dolmus dari terminal Denizli menuju Laodicea Ancient krn lokasinya (loket tiket masuk) hampir 2km dr jalan raya yg dilewati dolmus.
    Kami carter taxi (share) 80 lira pp? tapi dia bersedia tguin kita hampir 2 jam. Taxi diambil dr belakang terminal (kami di hotel Yildirim).
    5. Betul ygMas Hendry bilang bhw sulit membagi wkt utk mengunjungi Efes, Kusadasi dan Sirince dihari yg sama. Krn baik Efes maupun Kusadasi sayang utk didatangi sambil lalu. Selain itu semakin sore, kereta balik menuju Izmir makin padat. Akhirnya kami kejar sunset di Kordon Izmir. Kunjungan k Sirince msh dianggp hutang ?.
    Tengkyu Mas Hendry. Semoga suskes dgn artikel2 nya.
    Tty

  5. Malam mas
    Bole dibantu ga soalnya lagi binggung
    Tgl 8 des tiba di kayseri by plane trs stay di capadocia 1 malam di gerome,nah tgl 9 des malam naek bus metro jam 17.30 sampai di denizli tgl 10 des jam 04.30 pagi,aman ga ya mas? Lalu kalau mau ke pamukkale dan selcuk ( ephesus ) tapi nginap di izmir apakah terkejar dalam satu hari itu?
    Tempat penitipan koper di selcuk ( ephesus ) dimana ya.
    Mohon pencerahannya.thanks

    • Oke Vonny,saya bantu jawab satu2 ya.

      1. Terminal Denizli itu modern n cukup besar dan saya bisa pastikan aman.
      2. Satu hari untuk Pamukkale, Efesus lalu lanjut nginep di Izmir,saya rasa ga akan keburu. Misalnya anda ke Pamukkale pagi2,habiskan waktu sekitar 4jam sampai balik lagi ke Denizli,lalu lanjut ke selcuk 3jam perjalanan. Di efesus cuma dua jam misalnya,itu pun terlalu buru2,lalu naik bis lagi ke izmir ssekitar 2-3jam. Saya rasa terlalu buru2 n bulan desember dengan cuaca dingin n matahari yg cuma brrsinar dari jam 8 sampai setengah 5 sore.
      3. Tempat penitipan koper di selcuk bisa di otogar.

      • Makasi penjelasannya mas
        Ou ya dolmus ke pamukkale paling pagi jam berapa ya x aja bs liat sunrise?
        Ga sempat ya mas duh gawat hehe uda beli tiket pesawat tgl 11 ke istanbul.
        Mas bus dr selcuk ke izmir ada sampai malam kah.

  6. salam kenal Mas Hendry, saya mau tanya:
    1. kalo misal dari pamukkale beli tiket ke cappadocia itu mending belinya di otogar denizli, atau mending sama agen tiket lokal di sekitaran pamukkale aja ya Mas? terus kalo ngomong ke mereka, ke Cappadocia aja langsung atau mesti sebut Goreme juga?
    2. Nanti saya mau nginep di Uchisar, kalo dari terminal Goreme kesananya gimana ya aksesnya mas? Kayanya kalo minta tolong pihak hotel agak tentative krn mesti ngikutin sebisanya jadwal mereka pickup
    3. Berhubung suami saya ngga bisa naik motor ? kami pengen muter2 cappadocia naik mobil (ada sim intl). cuman kok baca2 rental car agent disana banyak yang gak oke, jadi was-was.. apa ada rekomendasi gimana caranya kalo mau nyewa mobil di cappadocia yang aman ya mas? makasi sebelumnya ?

    • Salam kenal jg mbak Nandini,saya Hendro bukan Hendry hehe. Saya coba jawab ya,
      1. Bisa beli di denizli atau beli di sekitaran pamukkale. Bilang ke Goreme,jangan ke Cappadocia. Cappadocia itu satu wilayah yg mencakup Goreme,uchisar, Kayseri dll. Goreme itu tujuan paling populer buat turis yg mau ke capadocia. Tiap bis dari pamukkale pasti berganti bis di Denizli jadi mau dari denizli atau pamukkale sama saja.
      2. Ada bis ke Uchisar dari terminal bis goreme. Pastikan tau hotelnya disebelah mana, karena bis bakalan ngedrop penumpang dekat Uchisar Castle.
      3. Untuk sewa mobil,saya tidak punya pengalaman buat ini jadi saya ga bs bantu banyak.

Leave a Reply