Serba-Serbi Otogar : Terminal Bis di Turki

Otogar adalah bahasa Turki untuk terminal bis yang terdapat di kota besar seperti Istanbul atau kota kecil seperti Selcuk. Bagi penduduk Turki dan turis yang sering menggunakan transportasi darat, otogar merupakan tempat yang akan dituju ketika hendak berpergian keluar kota. Otogar di Turki umumnya terletak di pusat kota dengan fasilitas yang bervariasi tergantung dari besar atau kecilnya otogar tersebut. Otogar besar dan modern seperti Otogar Izmir, Istanbul dan Denizli memiliki fasilitas modern seperti café, restoran, toilet, minimarket, penitipan tas (emanetci). Otogar di kota-kota besar ini juga biasanya memiliki 2 terminal bis  yang terpisah, biasanya beda lantai, yaitu terminal antar kota ( Sehirlerarasi Terminali) yang melayani rute jauh dan terminal dalam provinsi (Ilceler Terminali) yang melayani rute dekat. Otogar di kota kecil biasanya hanya memiliki fasilitas basic seperti restoran kecil dan toilet. Ketika sampai di otogar, kita akan melihat banyak kios-kios perusahaan bis yang berjejer di sana, umumnya kita bisa menghampiri salah satu kios untuk menanyakan tujuan dan keberangkatan bis atau jika anda sudah mengetahui bis dari perusahaan mana yang akan anda tuju (untuk mengetahui cara mencari tahu jadwal dan harga tiket bis secara online, klik disini), anda dapat langsung membeli tiket di agen perusahaan bis tersebut.

Umumnya otogar di kota besar terletak agak jauh dari tempat wisata namun akses transportasi dari dan menuju otogar cukup memadai. Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti bis, tram atau metro untuk mencapai otogar. Berikut adalah cara mencapai otogar di kota2 besar di Turki yang pernah saya kunjungi.

  1. Buyuk Otogar (Istanbul)Jika anda tinggal di Sultanahmet, otogar Istanbul dapat dicapai dengan naik trem tujuan Baciglar, turun di Yusufpasa kemudian berjalan ke stasiun metro sekitar 3 menitan, naik metro menuju Otogar (pemberhentian ke 6)
  2. Izmir Otogar ( Izmir)Kawasan paling ideal untuk dijadikan tempat menginap di Izmir adalah kawasan Basmane yang lokasinya dekat dengan Basmane Gar (stasiun kereta Basmane) dan stasiun Metro. Namun sayangnya, baik metro atau kereta tidak melayani rute menuju Otogar. Jika anda ingin mencapai Izmir Otogar dari Basmane, anda dapat naik bis dari samping stasiun kereta Basmane (dekat hotel Metro). Perhatikan pelang Eshot yang menandakan perhentian bis. Bis no 54 atau 191 menghubungkan Basmane dengan Otogar.
  3. Denizli Otogar (Denizli)Biasanya untuk turis yang mengunjungi Pamukkale dengan bis dari kota lain, Denizli Otogar hanya akan menjadi tempat berganti kendaraan dari bis besar ke dolmus yang sudah disiapkan oleh agen bis. Namun lain ceritanya jika anda akan mengunjungi Pamukkale dengan naik kereta dari Selcuk. Anda harus berjalan  sekitar 10 menit dari  Stasiun Kereta  Denizli. Jangan takut tersasar karena banyak penumpang kereta yang biasanya juga berjalan menuju otogar Denizli setelah sampai di stasiun kereta. Ikuti saja mereka dan kalau nyasar tinggal tanya penduduk setempat yang ramah2.
  4. Antalya Otogar (Antalya). Umumnya traveller yang mengunjungi Antalya akan tinggal di kawasan Kaleici (Old Town) yang indah dan memiliki banyak obyek wisata untuk dikunjungi. Jika kita ingin mengunjungi tempat2 wisata di luar Antalya, kita harus mencapai Otogar untuk naik bis menuju tempat wisata tersebut. Jika anda tinggal di Kaleici, anda dapat berjalan menuju pemberhentian tram terdekat dari Kaleici yaitu Ismetpasha dan menumpang trem sampai Otogar.

Selain di kota-kota besar di atas, otogar di kota-kota kecil umumnya terletak dekat dengan pusat kota dan mudah dijangkau dengan berjalan kaki saja seperti otogar Selcuk yang posisinya di seberang Museum Ephesus dan tak jauh dari Basilica St John. Ketika anda berpergian dengan menggunakan bis, anda bisa juga menitipkan tas anda di agen bis jika anda ingin berjalan-jalan sebentar menunggu keberangkatan bis anda. Umumnya agen bis tidak berkeberatan dititipi tas namun untuk alasan keamanan, jangan menaruh benda berharga di tas anda. Saya suka datang lebih awal dari jadwal keberangkatan bis dan menghabiskan waktu sebentar di otogar karena di otogar banyak makanan. Salah satunya restoran dekat otogar Fethiye yang chicken shish-nya sangat lezat dan porsinya yang besar. Luangkan waktu anda untuk sekedar makan siang di otogar, hitung-hitung makan sebelum berangkat dan tidur di bis.

Advertisements

13 thoughts on “Serba-Serbi Otogar : Terminal Bis di Turki

      1. Wih, murah. Dari situ ke stasiun Denizli cukup jalan kaki 10 menit saja ya? Btw, balik dari Pamukkale naik apa? di mana?. Sebaiknya pas datang minta diturunkan di mana biar ga capek jalan keliling Travertin

        Like

      2. Iya, jalan dikit doang.bisa nanya org sih arahnya.klo dari pamukkale baliknya bisa naik dolmus dari deket pintu masuk bawah. Saran saya sih mas,mending naik dari yg atas biar ga capek bolak balik.baca tulisan saya yg pamukkale deh.

        Liked by 1 person

      1. terus mas kalau nitip koper di otogar itu bisa? brpya tarifnya? hari pertama di turki saya mau ke kapadokya soalnya bawa koper

        Like

  1. Oh oke mas.. susah gak mas nyari kantor busnya itu? terus kalau bus luar kota bus2 pasti tujuan akhir ke terminal buyuk istanbul ya?

    Like

    1. Kagak mas..u jalan kluar aja uda liat kantor2 bis dri perusahaan berbeda kyk di post ini.umumnya mang sampe buyuk otogar, tapi dlu saya pernah naik Kamil Koc ke istanbul, tujuan akhirnya malah di poolnya sendiri, tapi dianter gratis naik van ke Taksim.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s