Bagaimana menjadi Traveler Mandiri? (Part 1: Planning)

Anda bosan dengan rutinitas kerja? Tiap hari berkutat dengan pekerjaan kantor yang serasa tidak ada habisnya? Akhir pekan anda terasa hambar karena ujung2nya pasti nge-mall atau nonton film di bioskop? Itu tandanya anda butuh piknik dan sudah saatnya anda memutus rutinitas ini dan segera kembali ke laptop?Laptop? Ya, laptop..cek jadwal libur anda dan segera book tiket ke destinasi impian anda. But how?ikut tour kemahalan, temen gada yang demen jalan, jalan sendiri ga berani, kemana2 ga tau jalan? Oh please, jangan cari2 alasan. Ini zaman modern bung, semua bisa dicari dengan hanya modal duduk depan laptop n nanya om Google. Masih belom yakin juga? Ok deh, saya kasi tau steps2nya yakk…

  1. Tentukan destinasi anda

Tiap orang punya destinasi impian sendiri. Orang yang suka shopping mungkin akan lebih memilih travelling ke Singapore,Hongkong,Bangkok atau bahkan Milan. Orang yang suka wisata kuliner mungkin lebih suka blusukan di Penang atau Bangkok. Bagi traveller yang suka wisata sejarah, mungkin reruntuhan Angkor Watt dan kota tua Efesus lebih menggoda dibandingkan dengan kegemerlapan pemandangan malam di Paris. Nah jika anda sudah menemukan destinasi favorit anda, anda bisa mencari info di situs2 travel seperti Tripadvisor, Lonely Planet, dan blog2 travel yang banyak membahas destinasi anda.Menjadi anggota dari suatu forum travel juga bisa membantu anda mencari informasi dari para traveller yang sudah berpengalaman. Ada banyak forum travel yang berbahasa pengantar bahasa indonesia di media sosial seperti Facebook, beberapa diantaranya adalah Backpacker International, Liburan Murah dan Backpacker Dunia.  Amat mudah mencari informasi tentang suatu tempat wisata sekarang ini, tinggal manfaatkan search engine, dan semua informasi akan tersaji di depan anda.

2. Tentukan kapan anda pergi

Kalau anda sudah memutuskan destinasi pilihan anda, sekarang saatnya memutuskan kapan anda pergi. Sesuaikan jadwal liburan dengan kondisi tempat wisata pilihan anda. Misalnya, kalau anda ingin mengunjungi Santorini dan ingin menikmati langit biru dan pemandangan yang indah, jangan pergi ketika musim dingin karena langitnya akan kelabu dan suasananya sepi. Atau jika anda suka tempat yang lebih tenang tapi malah mengunjungi Tokyo di kala golden week yang ramai. Memilih waktu berwisata dapat mempengaruhi kesenangan anda di kala liburan.

 

IMG_5311
Blue and white in one unity

3. Cari Tiket pesawat dan penginapan

Nah ini dia bagian paling seru sekaligus paling menentukan murah tidaknya biaya perjalanan anda. Umumnya kita akan mengeluarkan dana paling besar untuk biaya pesawat dan juga penginapan.Kita dapat memanfaatkan web pencari tiket seperti Skyscanner, Traveloka, Expedia, dan sebagainya. Laman2 ini akan mengarahkan kita ke situs penjual tiket atau laman airline yang termurah. Kita juga bisa memanfaatkan fasilitas newsletter dari laman airline untuk mendapatkan info terbaru mengenai promo mereka. Pilihlah tiket yang murah sesuai dengan tanggal liburan anda tapi perhitungkan juga faktor2 lain seperti waktu transit, jarak airport dengan pusat kota, transportasi dari dan ke airport. Terkadang maskapai murah sering menggunakan airport yang letaknya lebih jauh dari pusat kota seperti Ryan Air yang menggunakan airport Beauvais yang jaraknya lebih jauh ketimbang bandara Charles De Gaulle.Membeli tiket dari jauh2 hari juga biasanya lebih murah dibandingkan dengan membeli tiket dekat dengan jadwal keberangkatan. Intinya planning ahead akan lebih menghemat biaya dibanding dengan berpergian dadakan.

Setelah tiket pesawat terbang, hal selanjutnya yang  perlu disiapkan adalah memesan penginapan. Ada banyak laman yang menyediakan fasilitas booking penginapan seperti Booking.com, Agoda.com,Hostels.com, AirBnB.com dan masih banyak lagi. Sama seperti memesan tiket pesawat terbang, biasanya kita perlu mempersiapkan kartu kredit untuk memesan penginapan. Pilihlah jenis penginapan sesuai selera anda. Jika anda tipe budget traveller yang suka bersosialisasi dengan sesama traveller, anda bisa memilih hostel yang harganya jauh lebih murah dibanding hotel. Jika anda tipe traveller yang membutuhkan ruang privasi, pilihlah hotel.Bagi saya yang biasa pergi sendirian, saya lebih suka tinggal di kamar tipe dorm di hostel. Selain harga yang lebih murah, saya juga berkesempatan berkenalan dengan orang2 baru dan berbagi pengalaman dengan mereka.

538690_10151140823508654_163469920_n
Kamar dorm di Sae Pae Hostel, Bangkok

3. Buat Itinerary (rencana perjalanan)

Setelah mendapatkan tiket pesawat terbang, saatnya anda membuat Itinerary yang sesuai dengan tempat yang hendak anda kunjungi. Itinerary bisa rinci bisa juga garis besarnya saja. Membuat Itinerary ini penting agar kita bisa memesan tempat penginapan dan juga transportasi menuju tempat wisata yang kita tuju. Pembuatan itinerary yang baik dapat membantu anda menghemat biaya dan membuat anda percaya diri. Misalnya jika anda ingin mengunjungi Singapura selama 3 hari. Rencanakan tempat2 yang ingin anda kunjungi lalu cari tahu tempat penginapan mana yang lebih strategis untuk mengunjungi tempat2 tersebut. Ketika di Singapura, saya sering tinggal di daerah Clark Quay karena dekat dengan Sungai Singapura dan China Town yang merupakan daerah wisata paling saya suka di sana. Saya hanya perlu jalan kaki untuk mengunjungi tempat2 wisata di daerah2 ini.Setelah menentukan tempat menginap, anda bisa melanjutkan pencarian akses transport menuju tempat2 yang anda ingin kunjungi. Usahakan anda menggunakan transportasi umum seperti bis,MRT, atau Monorail dan padukan dengan jalan kaki untuk mencapai tempat wisata untuk menghemat biaya.

 

 

4. Siapkan dokumen perjalanan anda

Sebelum anda memutuskan untuk pergi ke luar negeri, anda harus memiliki paspor. Dokumen ini merupakan syarat yang tidak bisa ditawar jika anda ingin berpergian ke luar negeri. Saat ini, membuat paspor sudah sangat mudah, kita bisa apply via online, datang ke kantor imigrasi untuk verifikasi dan foto, sekitar seminggu kemudian paspor pun sudah bisa diambil. Bermodal paspor saja kita bisa mengunjungi negara2 di Asia Tenggara yang termasuk dalam zona ASEAN seperti (Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos, Myanmar,Filipina dan Brunei Darussalam). Jika kita ingin mengunjungi negara2 lain yang tidak memiliki perjanjian visa dengan Indonesia, kita perlu mengajukan visa turis ke kedutaan atau lembaga yang ditunjuk oleh kedutaan seperti VFS Global.Tiap kedutaan memiliki syarat tersendiri untuk pengajuan visa dan syarat2 ini perlu dipenuhi sebelum kita pergi ke negara tersebut.

SONY DSC
Paspor Indonesia

5. Persiapkan gadget atau perlengkapan wisata anda

Ketika mengunjungi suatu tempat wisata, anda perlu mengetahui apa saja yang perlu di bawa untuk memudahkan travel anda disana. Pertama-tama yang perlu anda persiapkan adalah tas. Ada perdebatan panjang sebenernya yang ideal itu bawa koper atau tas.Ada yang bilang bawa koper lebih enak, bisa didorong2 dan baju ga lecek. Ada juga yang bilang lebih enak pake tas punggung (ransel) karena lebih mobile dan tidak usah ribet beli bagasi. Well, kalo menurut saya ini tergantung style travelling masing2 orang. Saya lebih nyaman dengan ransel karena saya lebih sering menggunakan transportasi umum seperti bis dan kereta yang agak repot jika saya membawa koper. Selain tas, saya juga membawa perlengkapan lain seperti money belt untuk menyimpan uang di tempat yang aman, tas kecil, tas cadangan dll (klik disini untuk perlengkapan travelling saya)

Setelah tas, siapkan juga perlengkapan lain yang bisa membantu anda menikmati liburan. Jika anda ingin main ski di Pegunungan Alpen, tentu saja anda harus mempersiapkan baju musim dingin seperti coat, longjohn, sweater dll. Celana renang, topi dan kacamata renang merupakan alat2 yang penting untuk dipersiapkan jika anda berniat snorkeling di Krabi, Thailand. Bawalah barang2 yang seperlunya saja, dan jangan lupa semakin ringan anda bawa, semakin ringan beban anda ketika jalan2.

IMG_1174
Tas bawaan saya ketika di Pnomph Phenh, Kamboja

 

 

 

 

Bersambung ke

: Bagaimana Menjadi Traveler Mandiri Part 2: Beberapa Hari Sebelum Keberangkatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s