Menikmati Santorini dengan budget 3 jutaan - home

Menikmati Santorini dengan budget 3 jutaan? Why not?

Disclaimer : Sebelum membaca tulisan ini, perlu anda pahami kalau 3 jutaan di sini maksudnya biaya yang saya habiskan selama 3 hari di Santorini,tidak termasuk biaya pesawat dan visa. Jadi kalau anda berpikir kalau 3 jutaan sudah mencakup semua, oops sorry, salah alamat, anda bisa berhenti baca sekarang juga. Gue juga mau kalo cuma 3 jutaan all in hahaha.

Santorini adalah salah satu impian para turis dunia.Bagaimana tidak, pulau yang terletak di Kepulauan Cyclades, Yunani ini memiliki banyak daya tarik yang menjadi magnet bagi para turis. Siapa yang belum pernah melihat postcard atau wallpaper jejeran rumah putih dan gereja berkubah biru dengan latar laut biru dan pegunungan kelabu yang indah ala Santorini? Atau mendengar cerita romantis pasangan yang bulan madu di pulau ini dengan segala keindahannya? Santorini hampir sinonim dengan kata MAHAL. Pulau yang menjadi daya tarik utama turisme Yunani ini menawarkan keindahan ala mediterrania dengan harga yang lumayan berat di kantong apalagi untuk turis yang berasal dari Indonesia. Maklum mata uang kita jeblok bila dibandingkan dengan Euro apalagi Dollar. Lantas, apa masih mungkin jalan-jalan di Santorini tanpa menguras kantong? Tentu bisa.Mahal atau murah menurut saya adalah suatu pilihan dan Santorini juga bisa dinikmati tanpa mengeluarkan dana sampai kantong bolong. Berikut adalah beberapa tips saya dalam berhemat di Santorini :

1. Menginap di Fira atau Perissa

Fira adalah kota terbesar di Santorini. Kota yang terletak di pinggir kaldera ini memiliki banyak akses untuk turis dari penginapan sampai restoran dll. Penginapan di Fira lebih murah dibandingkan dengan Oia yang indah tapi mahal. Saya menginap di Santorini Youth Hostel (Santorini Camping) yang hanya 15 euro permalam di dorm isi 6 orang. Selain Fira, Perissa beach juga dapat menjadi opsi penginapan yang murah. Pantai Perissa yang berpasir hitam ini memang jauh dari keramaian kota seperti Fira, tapi memiliki akses langsung ke pantai.

IMG_5419
Fira
IMG_5523
Santorini Youth Hostel, tempat saya menginap selama di Santorini.

2. Biasakan membeli kebutuhan sehari-hari di supermarket

Meskipun Fira memiliki banyak toko yang menjual kebutuhan sehari-hari, saya lebih memilih membeli di supermarket besar seperti Carrefour dan Lidl yang terdapat di luar Fira. Harga barang kebutuhan sehari-hari lebih murah di supermarket besar ketimbang toko-toko di Fira. Harga setengah lusin air mineral di toko 2 euro dan di supermarket hanya 1.30 euro. Selain itu, banyak juga buah-buahan segar yang dijual murah di supermarket. Bila anda suka minum bir atau wine, harga di supermarket lebih murah dibanding dengan restoran atau kios pinggir jalan. Saya sendiri suka membeli buah atau roti kemudian dibawa ke pantai untuk piknik sambil hemat uang makan siang.

3. Sewalah Motor

Sepeda motor adalah kendaraan paling efektif di Santorini dan beneran ga nyesel nyewa motor di sini. Jalan-jalan di Santorini sepi dan petunjuk jalan sangat jelas sehingga dijamin ga akan nyasar. Selain itu nyewa motor lebih menyenangkan dari pada naik bis. Mengemudikan sendiri motor dan menikmati pemandangan kaldera sambil dibelai angin sepoi-sepoi yang bertiup adalah salah satu pengalaman terbaik saya di Santorini. Semua bagian dari Santorini bisa diakses dengan sepeda motor dan saya ga perlu nunggu bis untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain. Saya pun hemat ongkos karena saya pergi ke banyak tempat dalam sehari dengan sepeda motor sewaan saya.

IMG_20150703_095804
Motor sewaan saya selama di Santorini. 150cc dan 15 euro sehari.

4. Cucilah baju anda sendiri

Bagi traveler pelit seperti saya, saya amat menghindari menggunakan jasa laundry atau mesin cuci sekali pun di Eropa. Kenapa? Karena saya hanya membawa sedikit pakaian (T shirt 4, celana panjang 2,celana pendek 2, dan celana dalam 4) dan ini berarti saya harus sering cuci pakaian. Sekali menggunakan mesin cuci di Santorini Youth Hostel adalah 5 euro per load dan 2 euro lagi untuk mesin pengeringnya. Bayangkan berapa yang saya harus bayar untuk laundry kalau saya cuci setiap hari. Saya menghemat biaya laundry dengan mencuci baju sendiri dengan bantuan drybag dan deterjen yang saya beli di supermarket seharga 0.70 euro. Sinar matahari di Santorini cukup terik dan pakaian saya kering dalam hitungan jam.

5. Makan Souvlaki

Mau hemat,kenyang dan puas? Makanlah Souvlaki. Souvlaki sebenarnya adalah potongan daging yang di panggang mirip sate tapi biasa disajikan dengan roti pita, sayuran, tsaziki,tomat,kentang goreng dan bubuk cabe. Rasanya mantap dan harganya hanya 2 euro. Porsinya gede dan ngenyangin. Karena rasanya yang cocok dengan lidah saya dan juga harganya yang murah,saya sering sekali makan souvlaki. Souvlaki bagai nasi bagi saya di Santorini hehehe.

IMG_20150703_154714
Souvlaki dan bir khas Santorini (Yellow Donkey). Souvlaki adalah makanan sejenis kebab dengan harga yang murah dan mengenyangkan,cuma 2 euro.

6. Hindari belanja, tapi kalau memang tak terhindari, belanjalah di Fira.

Ketika saya di Santorini, saya tidak begitu tertarik untuk berbelanja. Harga oleh-olehnya terbilang mahal dibanding dengan kualitasnya yang biasa-biasa saja. Saya membeli sebuah T-Shirt bergambar bendera Yunani dengan bahan yang kurang bagus seharga 8 euro. Ini pun setelah masuk ke pelosok Fira dan nawar. Beberapa toko dekat jalan utama Fira menawarkan T shirt yang sama seharga 12 euro dan kekeuh ga mau ditawar. Di Oia apalagi, harganya 15 euro untuk sebuah T shirt saja. Jika memang mesti shopping di Santorini, belilah di Fira yang masih lebih murah dibanding kota lain.

IMG_5527
mejeng di Santo Winery dengan baju yang saya beli seharga 8 euro. Mahal dan bahannya kalah jauh dari Mangga Dua.

7. Sarapan di toko roti

Jika hostel atau hotel anda tidak menyediakan makan pagi gratis, anda bisa pergi ke toko roti untuk membeli roti dan kopi. Sarapan adalah salah satu ritual favorit saya ketika travelling. Saya biasanya menghindari sarapan di hostel kalau tidak gratis dan pergi mencari sarapan otentik ala penduduk lokal. Di Santorini, saya biasa pergi ke sebuah toko roti di pusat kota Fira (saya sulit menulis nama tokonya karena dalam bahasa yunani) dan membeli sebuah roti dan kopi. Segelas Greek Coffee hanya 1.5 euro dan roti yang mirip simit hanya 1 euro. Ada banyak pilihan roti dan roti yunani terkenal enak dan berukuran besar. Beli sebuah roti dan kopi lalu duduk di pinggir jalan sambil cuci mata. Dijamin ga nyesel deh.

IMG_20150703_121519
Koulori
IMG_5384
Segala roti jumbo yang enak banget
Toko roti di Fira
Toko roti di Fira

8. The best things in Santorini are free

Mau nikmati pemandangan sunset terbaik di Mediterrania?berdiri galau sambil memikirkan hidup di tepi kaldera? Berenang di pantai bersih dan adem bareng bule-bule cantik? Jalan-jalan menyusuri gang-gang kota bercat putih sambil menyapa penduduk lokal? Trekking dari Fira sampai Oia sambil menikmati pemandangan kaldera dan mengagumi hotel-hotel unik di sepanjang kaldera? Don’t worry, ini semua gratis. Anda tidak perlu bayar tiket atau butuh tour guide. Just take your bag, prepare your swimming gear,snack and enough water, then go for it.

IMG_5355
Red Beach

9. Bawa bekal dan air kemanapun anda pergi

Jika anda mau hemat, bawalah botol minum ukuran besar ketika di Santorini. Karena jalan-jalan di Santorini itu sama dengan olah raga kardio, air minum menjadi hal yang wajib dibawa. Kalau ga bawa, anda bisa bayar sebotol kecil seharga 1 euro di toko (ingat 6 botol besar air di Carrefour Cuma 1.30 euro).Bawalah bekal berupa roti atau buah-buahan buat ngemil di kala lapar terutama ketika mengunjungi kota Oia. Secangkir kopi di café kecil di Oia bisa seharga 3 euro, dua kali lipat di Fira. Makanannya? Trust me, you don’t want to know.

IMG_20150629_140947
Botol minum kesayangan saya.

Percaya deh, masih mungkin menikmati Santorini dengan harga hemat. Ga percaya? Liat deh detail pengeluaran saya selama 3 hari 3 malam di sana. Saya hanya menghabiskan 227 euro alias 3 jutaan selama 3 hari, itu pun saya ga pelit-pelit amat karena masih belanja,minum wine di Santo winery, makan di restoran mewah sekali. Saya yakin kalo ada orang yang bisa lebih hemat dari saya tapi tetep have fun. Inget jangan berpelit-pelit ria tapi ga have fun. Enjoy Santorini 😀

Day I ( 2/7/2015) : Arrive in Santorini
Bus to Fira :1.60 euro
Souvlaki + Greek Salad : 8 euro
Air (6botol besar) : 2 euro
Total : 11.60
Day 2 (3/7/2015): Fira, Oia,Perissa,Red Beach
Greek Coffee + roti : 3.5 euro
Motor : 45 euro (3hari)
Buah : 1 euro
Souvlaki + beer : 6 euro
Parkir di Oia : 1 euro
Simcard Cosmote : 23 euro
Wine : 4 euro
Groceries : 2.20 euro
Dinner : 6 euro
Total : 91.70
Day 3 (4/7/2015) : Thira,Fira,Oia
Coffee + pastry : 2.5 euro
Tiket masuk Ancient Thira : 2 euro
Lunch (souvlaki again) : 2 euro
Groceries : 1.5 euro
Bensin : 5 euro
Baju Greek : 8 euro
Kartu pos dua +perangko : 2.20 euro
Air (6 botol besar) : 1.30 euro
Dinner ( mie goreng) : 6.50 euro
Parkir : 1 euro
Tiket masuk Akrotiri : 5 euro
Total : 37 euro

Day 4 ( 5/7/2015) : Kamari, Santo Wine
Kopi + Pastry : 3.5 euro
Internet (print boarding pass) : 2.30
Santo wine (6 glasses) : 14 euro
Lunch ( fish steak n white wine) : 12 euro
Lunch round 2 (souvlaki) : 2.5 euro
Dinner (souvlaki+ beer) : 3.5 euro
Bensin : 4 euro
Santorini Youth Hostel : 45 euro
Total : 86.8 euro

11.60 +91.70 +37+ 86.80 = 227.1 euro

Next : Santorini (Part 1) : Hampir Malam di Santorini..

52 Comments

  1. Woooww santorini cita2 akuuhh.. Nanya dong mas, kl mau sewa motor mesti punya sim internasional kah? Trus motornya matic apa manual? Mau les motor dulu aahh sblm pergi hahahaha.. Nice posting by the way, really helpful!

  2. Hi2, msh ada itinerary ke yunani? Sy bole minta ga? Kl yg blog ini kan cm ttg rincian biayanya aja yah, sy pengen tau peginya kmn2 aja pas di yunani? Thx sblmnya ?

  3. Salam kenal Hendro , Aduh…jadi ingat April lalu ke Santorini juga nginap di Santorini Camping. Sepertinya disitu yg paling murah ya….jalan2nya asik, pulangnya rada2 serem, jalanannya gelap dan sepi. Oya untuk botol minum yg dari aluminium boleh ya hand carry masuk pesawat?

    • Salam kenal juga kak Fe, mang Santorini paling terkenal buat backpacker di Santorini. Harga murah tapi strategis juga. Saya naik motor disana jadi maen slonong aja ga berasa takut haha. Boleh kok, saya ngandelin banget tuh botol,nyaris ilang berkali-kali tapi tetep ketemu. Ga ada masalah di pesawat bahkan Ryanair sekalipun.

      • Soal botol/termos aluminium, saya tergantung banget sama kopi..jadi kudu bawa kopi di termos kalau jalan2, nah selama ini selalu saya taruh dulu di bagasi kalau naik pesawat, setelah itu baru masuk day pack kalau jalan domestik., lah sayang termos saya bagus sih , kalau custom nyuruh buang kan konyol..

    • Kalo sewa motor banyakk di Fira sa.Baru nyampe aja uda banyak yg nawarin.Hampir semua bisa bahasa Inggris disana.Bensin isi di pom bensin sama kayak dimana2.simcard bisa dibeli di toko handphone di Fira.Bisa beli cosmote ato Vodafone buat providernya..ada di postingan Santorini yang lain.

    • Aman aja mbak.Saya disana pas masa kritis2nya karena pemerintah Yunani mengancam keluar dari Uni Eropa saat itu tapi industri pariwisata berjalan seperti biasa.Sekarang Yunani sudah kondusif karena sudah dapet kucuran dana dari Uni Eropa. Jadi singkat kata, ketika masa krisis saja aman apalagi sekarang. Penduduk Yunani amat sadar kalo negara mereka sangat bergantung pada segi pariwisata,jadi tak usah takut ke yunani.

  4. Hallo Mas,

    Saya sangat tertarik sekali. Rencana saya juga akan berangkat November 2016. Mohon bantu berikan info dimana lokasi sewa motor tersebut? Bisa book online atau langsung? Dan jika langsung on the spot, dimana kah lokasinya? Terima aksih

  5. Berguna banget postingan nya mas.inspirasi sy jg nih Prgi bnr2 sndrian aja,cuma sy cwe jadi agak sdkt rasa ngeri kl sndrian:(pdhl kl bsa sndri enak bgt psti hha Jadi ga sabar pengen jalan2 ke Yunani terutama santorini greece, btw mau tanya,kalo misalnya milo island mas smpet mampir gak kesana? Hehe

  6. Ini membantu banget. Aku lagi cari-cari info mengenai Santorini. Kalau sewa kendaraan gitu diminta sim internasional gak? Kalau sewa mobil tau gak mas kira-kira berapa?
    Anyway senang bisa nyasar ke blog ini. 🙂

    • Makasih da sempet ke blog saya, mbak rizka. Asal bisa nunjukin klo SiM A itu SIM mobil, ga usah pake sim inter. Klo harga saya kurang tau, cuma klo mau naik mobil di Santorini msti jago naik mobil di gunung,jalannya kelok2 n kadang d tepi jurang.

Leave a Reply