Istanbulkart : Solusi Mudah Berpergian di Istanbul

Singapura memiliki kartu EZlink yang memudahkan penduduknya untuk berpergian menggunakan transportasi umum seperti MRT dan bis. Demikian juga Istanbul yang memiliki kartu Istanbulkart untuk memudahkan mobilitas warga Istanbul dalam beraktifitas.Serupa dengan EZlink card, Istanbulkart merupakan kartu isi ulang yang dapat diisi dengan menggunakan mesin otomatis Istanbulkart atau “Akbil Dolum Noktası” di dekat stasiun Metro atau tram. Bedanya, mesin otomatis ini tidak memberikan kembalian. Jika kita memasukkan uang sebesar 10 Lira maka jumlah itulah yang akan terisi. Mesin otomatis ini juga tersedia dalam bahasa Inggris, sehingga kita tidak akan kebingungan dalam mengisi kredit. Selain mengisi kredit di mesin otomatis, kita juga bisa mengisi kredit di kios kios yang bertuliskan “Akbil”.

Istanbulkart
Istanbulkart
Pintu masuk dan Mesin Top-Up Istanbulkart
Pintu masuk dan Mesin Top-Up Istanbulkart

Penggunaan kartu Istanbulkart pun mudah, kita hanya perlu menempelkan atau melambaikan kartu pada sensor di pintu masuk stasiun dan melewati pintu. Sisa kredit Istanbulkart akan tertera di layar mesin pintu masuk. Setelah sampai di stasiun tujuan, kita tidak perlu menempelkan lagi pada sensor pintu keluar seperti di Singapura, kita bisa langsung keluar dari stasiun. Istanbulkart juga bisa dipakai oleh beberapa orang sekaligus, jadi tidak perlu membeli kartu untuk perorangan, cukup membeli satu untuk beberapa orang dan ketika menggunakan kartu tinggal ditempelkan beberapa kali sesuai dengan jumlah orang.Dengan Istanbulkart kita juga tidak perlu mengantri untuk membeli token dari Jetonmatik yang kadang membuat kita ketinggalan tram atau metro.

Interior Tram
Interior Tram

Istanbulkart juga merupakan solusi ekonomis dalam berpergian di Istanbul. Biaya transportasi dengan menggunakan Tram dan Metro dipatok seharga 4TL sekali naik jika menggunakan token (tidak dihitung berdasarkan jauh dekatnya tujuan), tapi dengan menggunakan Istanbulkart kita hanya membayar 1.95 Lira. Dan dalam rentang 2 jam penggunaan kartu, tiap transfer akan mendapatkan diskon .25 Lira. Istanbulkart juga dapat digunakan untuk naik bis, ferry, furnikular, sampai ke trem nostalgia yg melewati Istiklal Street.

Tram Nostalgia
Tram Nostalgia

Istanbulkart dapat dibeli di stasiun besar seperti Taksim dan Eminonu seharga 6 Lira (kartu saja tanpa kredit) dan bisa diisi dengan jumlah yang kita inginkan.Selain di stasiun, kita juga dapat membeli Istanbulkart di kios kios yang bertulisan “Akbil”

Advertisements

One thought on “Istanbulkart : Solusi Mudah Berpergian di Istanbul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s