Transportasi di Turki ( bis antar kota)

Pemerintah Turki amat peduli dengan transportasi massal baik di kota besar seperti Istanbul sampai ke antar kota di seluruh pelosok Turki. Jalan antar kota dan provinsi yang mulus dan terawat dengan baik memudahkan transportasi jalur darat seperti bis, mobil pribadi sampai ke kendaraan roda dua.

Untuk berpergian dari satu kota ke kota lain, kita bisa menggunakan bis dan apabila jarak antar kota tersebut cukup jauh kita bisa juga menggunakan pesawat terbang. Beberapa budget airline seperti Pegasus Airline, Atlasjet, Onurjet, Anadolujet dll menawarkan harga tiket yang cukup murah. Berpergian dengan pesawat akan menghemat waktu dan tenaga untuk menikmati destinasi wisata.

Mode transportasi darat berupa bis telah lama dikenal oleh penduduk Turki. Penduduk Turki biasanya menggunakan bis untuk berpergian antar kota baik jauh mau pun dekat. Harga bensin yang tinggi (sekitar 5 Lira per liter) membuat bis menjadi moda transport yang populer. Kondisi bis yang modern dan fasilitas yang wah membuat berpergian dengan bis menyenangkan, bukan mimpi buruk. Saya selalu menggunakan bis ketika berpindah dari satu kota ke kota lain. Harga yang ditawarkan lebih murah dari pada tiket pesawat dan fasilitas yang disediakan tidak jauh berbeda dari pesawat.

Selcuk Otogar
Selcuk Otogar
Selcuk Otogar
Selcuk Otogar

Bis antar kota di turki dilengkapi dengan fasilitas AC, kursi yg empuk dan ruang kaki yang luas, layar LCD di setiap kursi untuk menonton siaran televisi,film, bahkan bermain game (saya sempat main game Angry Bird di bis menuju Pamukkale dari Selcuk).Beberapa perusahaan bis bahkan memberikan fasilitas wifi di bis mereka walaupun kadang sinyalnya naik turun, nyala mati, ada dan tiada haha. Bis di Turki  menyediakan makanan ringan seperti roti, biskuit dan juga minuman seperti teh,kopi,jus dan minuman ringan lainnya. Seorang pramugara (steward) akan selalu siap menyediakan makanan dan minuman sepanjang perjalanan.

Bis Kamil Koc
Bis Kamil Koc
LCD dan meja lipat
LCD dan meja lipat
Pramugara bis dan kereta makanannya
Pramugara bis dan kereta makanannya

Tidak sulit untuk membeli tiket bis di Turki. Kita bisa pergi ke Otogar (terminal bis) dan tinggal memilih perusahaan bis mana yg kita hendaki kecuali menjelang hari raya seperti Idul Fitri dan Bayran dimana kita harus membeli tiket beberapa hari sebelumnya. Kamil Koc, Metro, Pamukkale, Suha dan Varan adalah perusahaan bis yang terkemuka di Turki. Dari perusahaan-perusahaan bis tersebut saya paling menyukai bis Kamil Koc karena bisnya yang modern dan wifinya yang stabil dan kuat.Harga tiket pun relatif murah bila dibandingkan dengan harga tiket pesawat terbang reguler. Sebagai contoh, saya membayar 75 Lira untuk sebuah tiket bis malam dari Istanbul menuju Selcuk sedangkan harga tiket pesawat bisa dua kali lipat dari harga tersebut.

Jadwal Bis Pamukkale dari Selcuk Otogar
Jadwal Bis Pamukkale dari Selcuk Otogar
Bis Kamil Koc
Bis Kamil Koc

Opsi bis malam sering sekali digunakan oleh budget traveller yg ingin menghemat biaya menginap dan transportasi. Bis malam hampir selalu ada melayani penumpang yg berpergian antar kota. Saya sendiri selalu menggunakan bis malam jika waktu tempuh antar kota cukup lama, misalnya ketika saya pergi dari Istanbul – Selcuk memakan waktu 12 jam. Sebenarnya jarak antara Istanbul – Selcuk bisa ditempuh kurang dari 12 jam, tetapi bis malam sering sekali berhenti di restoran atau pom bensin. Terkadang interval perhentiannya bisa sampai 3- 4 kali.Agak mengganggu memang jika kita ingin tidur, namun ini bisa menjadi kesempatan untuk pergi ke toilet dan menikmati segelas cay (teh) di tengah malam yang dingin sambil melihat-lihat barang kerajinan atau makanan yang biasa dijajakan di perhentian bis.

Rest Area
Rest Area

 

Jika anda ingin menyiapkan perjalanan dari jauh hari dan ingin tahu perkiraan harga bis dari satu kota ke kota lain, anda bisa menginstal aplikasi Obilet di handphone atau gadget anda. Obilet merupakan aplikasi untuk membeli tiket bis secara online, namun saya menggunakannya hanya untuk mengecek jadwal dan harga bis. Aplikasi ini hanya tersedia dalam bahasa Turki namun tidak sulit untuk memahami aplikasi ini.

13912629_10154254949638654_7482506836033653416_n
Tampilan depan Obilet

Tampilan di atas adalah halaman awal dari aplikasi Obilet. Nereden berarti asal dan Nereye berarti tujuan. Setelah memilih asal dan tujuan, kita dapat memilih Tarih (Tanggal) keberangkatan, kemudian tekan Arama Yap ( Cari)

13882118_10154254949798654_1817252028858556414_n

 

Setelah menekan icon Arama Yap, anda akan sampai di Arama Sonuclari (Hasil pencarian) yang mencantumkan jadwal keberangkatan bis lengkap dengan biaya dan nama perusahaan bis.Sebagai contoh entry paling atas di foto diatas adalah Bis Pamukkale yang berangkat dari Alibeykoy Otogar Istanbul pada pukul 00:05 dan sampai di Selcuk pukul 09:45 dengan harga tiket 90 Lira. Jika anda memilih entry tersebut maka halaman berikutnya adalah..

13906737_10154255028338654_5227379190786656625_n

 

Halaman di atas merupakan halaman pemilihan tempat duduk. Penumpang pria dan wanita dibedakan duduknya dan dari halaman ini kita bisa mengetahui jumlah kursi yang masih tersedia. Kursi yang masih kosong  ditandai dengan angka dan kursi yang telah terisi ditandai dengan gambar pria atau wanita.

NB :

1. Untuk mencapai Essenler (Buyuk) Otogar Istanbul dari Sultanahmet, kita bisa menggunakan Tram 1 (Baciglar – Kabatas) menuju stasiun Yusufpasha dan berjalan 2 menit menuju Stasiun Metro Aksaray. Dari Aksaray kita bisa naik Metro menuju Otogar.

2. Harga tiket bis di Turki cukup mahal dibandingkan dengan harga tiket bis di tanah air.Hal ini dikarenakan mahalnya harga bensin di negara ini dan kualitas bis yang sangat baik. Untuk menghemat biaya, anda bisa membeli tiket pesawat antar kota dari jauh hari. Harga tiket pesawat biasanya bisa lebih murah  dari tiket  bis jika anda membeli beberapa bulan sebelum keberangkatan. Pegasus Airlines adalah maskapai Low Budget Turki yang sering memberikan promo. Jika kota yang anda tuju dapat dicapai dengan kereta, maka kereta adalah pilihan yang terbaik. Harga lebih murah dan kondisi kereta yang modern bisa menjadi pilihan selain bis. Sebagai contoh, tiket kereta dari Selcuk menuju Denizli (Pamukkale) seharga 18,5 Lira dan tiket bis dari Selcuk menuju Denizli seharga 30 Lira dengan waktu tempuh yang sama yaitu 3 jam. Gunakan bis antar kota yang berangkat pada malam hari agar anda bisa menghemat biaya penginapan.Sekali lagi, be wise in your option.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s